Penerapan pendekatan saintifik berbantuan game edukasi pada materi larutan penyangga untuk mengembangkan literasi kimia siswa

Nurlina, Niqa (2019) Penerapan pendekatan saintifik berbantuan game edukasi pada materi larutan penyangga untuk mengembangkan literasi kimia siswa. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa pada setiap tahapan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik berbantuan game edukasi, menganalisis kemampuan siswa menyelesaikan lembar kerja, dan kemampuan literasi kimia siswa pada materi larutan penyangga. Metode yang digunakan yaitu penelitian pre eksperimen dengan desain one shot case study pada siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 29 orang. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas siswa, lembar kerja siswa, dan tes kemampuan literasi kimia. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa pada pembelajaran saintifik berbantuan game edukasi mencapai kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 93. Kemampuan siswa mengerjakan lembar kerja mencapai nilai rata-rata 85,9 dengan interpretasi sangat baik. Kemampuan siswa mengerjakan tes literasi kimia mencapai 75,8 dengan interpretasi baik. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa penerapan pendekatan saintifik berbantuan game edukasi pada materi larutan penyangga dapat mengembangkan literasi kimia siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: game edukasi; larutan penyangga; literasi kimia; pendekatan sainfitik
Subjects: Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Chemistry and Allied Science > General Publications of Chemistry
Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Niqa Nurlina
Date Deposited: 29 Oct 2019 07:26
Last Modified: 29 Oct 2019 07:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26192

Actions (login required)

View Item View Item