Pengaruh model pembelajaran berbasis hands on minds on activities untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA pada materi sistem indera: Penelitian quasi eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Bandung

Nurhasanah, Rohaeni (2019) Pengaruh model pembelajaran berbasis hands on minds on activities untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA pada materi sistem indera: Penelitian quasi eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_caver.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran merupakan bagian penting yang dapat memengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan observasi di lapangan, penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan yang ada di kelas XI salah satu swasta di Bandung, yaitu rendahnya hasil belajar siswa rata-rata 65, terutama dalam soal evaluasi, hal ini terbukti ketika siswa diberikan soal berupa menilai, siswa masih kebingungan untuk menilai dan memberikan alasan yang tepat. sedangkan KKM yang berlaku disekolah yaitu sebesar 70 dalam pembelajaran Biologi. Selain itu, di sekolah ini proses pembelajaran guru lebih mendominasi pembelajaran dan siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran, sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat melibatkan peran siswa di dalamnya. Agar hasil belajar siswa meningkat maka digunakan model pembelajaran berbasis Hands on Minds on Activities. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa yang menggunakan dan tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis Hands on Minds on Activities dan menganalisis pengaruh pembelajaran Hands on Minds on Activities pada materi sistem indera. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah 1) lembar observasi, 2) tes hasil belajar pada materi sistem indera. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan pembelajaran Hands on Minds on Activities pada aktivitas guru dengan nilai rata-rata persentase 88,5% dan aktivitas siswa 82,5% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Hands on Minds on Activities diperoleh nilai rata-rata pretest 34 rata-rata posttest 72,22 dan N-Gain 0.57 dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Hands on Minds on Activities berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem indera

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hands on Minds on Activities; Hasil Belajar; Sistem Indera;
Subjects: Biology > Data Processing and Analysis of Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: rohaeni nur hasanah
Date Deposited: 24 Oct 2019 06:45
Last Modified: 24 Oct 2019 06:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26167

Actions (login required)

View Item View Item