Penerapan fungsi pengorganisasian dalam meningkatkan kemakmuran Masjid: Studi deskriptif pada Masjid Jami’ Qurrotul ‘Ibaad Desa Sukamanah Kecamatan Sukatani Kabupaten Bekasi

Sopiyan, Andri (2019) Penerapan fungsi pengorganisasian dalam meningkatkan kemakmuran Masjid: Studi deskriptif pada Masjid Jami’ Qurrotul ‘Ibaad Desa Sukamanah Kecamatan Sukatani Kabupaten Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy

Abstract

Masjid sebagai instrumen keagamaan dewasa ini tidak fungsi tertentu. Bermula dari kesadaran sejarah bahwa masjid pada masa rasulullah tidak saja menjadi pusat kegiaatan keagamaan dalam arti ibadah mahdloh namun juga ibadah ghair mahdloh maka umat Islam dewasa ini mewarisinya dalam bentuk formulasi pengelolaan yang lebih modern. Masjid Jami’ Qurrotul ‘Ibaad Kab. Bekasi ini memiliki visi Menjadikan Masjid Jami’ Qurrotul ‘Ibaad sebagai basis untuk peningkatan keimanan, ketakwaan, serta menjadi tempat pemberdayaan ekonomi umat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program pengorganisasian dalam hal imarah, idarah, dan ri’ayah kemakmuran masjid dan fungsi pengorganisasian dalam hal imarah, idarah dan ri’ayah terhadap kemakmuran Masjid Jami’ Qurrotul ‘Ibaad Kab. Bekasi. Manajemen masjid adalah upaya memanfaatkan faktor-faktor manajemen dalam menciptakan kegiatan masjid yang lebih terarah dan diperlukan pendekatan sistem manajemen, yaitu planning, organizing, actuating, dan controlling. Fungsi manajemen yang sangat penting setelah perencanaan adalah pengorganisasian. Pengorganisasian merupakan usaha untuk menyusun komponen-komponen pokok (personalia, fungsi dan faktor-faktor fisik) sedemikian rupa, sehingga dapat dipakai sebagai sarana untuk mencapai tujuan, dan dalam kegiatan tersebut diharapkan akan tercipta hubungan-hubungan diantara masing-masing komponen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, untuk membuktikan adanya fungsi dari pengorganisasian dalam hal imarah, idarah dan ri’ayah terhadap peningkatan kemakmuran Masjid Jami’ Qurrotul ‘Ibaad Kab.Bekasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Masjid Jami’ Qurrotul ‘Ibaad Kab. Bekasi dari fungsi pengorganisasian itu dalam hal imarah, idarah dan ri’ayah terhadap kemakmuran Masjid Jami’ Qurrotul ‘Ibaad bahwa pengorganisasian dalam hal imarah, idarah dan ri’ayah cukup baik, hal ini terlihat dari banyaknya kegiatan keagamaan, sosial, serta perawatan dan pengembangan fisik bangunan yang ada di Masjid Jami’ Qurrotul ‘Ibaad Desa Sukamanah Kab. Bekasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pengorganisasian; kemakmuran; masjid;
Subjects: General Organizations in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Andri Sopiyan
Date Deposited: 24 Oct 2019 07:28
Last Modified: 24 Oct 2019 07:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26161

Actions (login required)

View Item View Item