Penggunaan asesmen penalaran dalam pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem ekskresi: Penelitian deskriptif kuantitatif pada siswa Kelas VIII SMPN 54 Bandung

Sopianti, Yuli (2019) Penggunaan asesmen penalaran dalam pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem ekskresi: Penelitian deskriptif kuantitatif pada siswa Kelas VIII SMPN 54 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena penilaian yang dilakukan masih berfokus pada penilaian kognitif biasa. Hal ini melatarbelakangi dilakukannya penelitian dengan menggunakan asesmen penalaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan asesmen penalaran dalam pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem ekskresi. Asesmen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu asesmen penalaran Quellmalz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Subjek yang digunakan merupakan siswa kelas VIII D SMPN 54 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran dengan Problem Based Learning (PBL) dapat terlaksana dengan sangat baik. Pembelajaran dengan PBL dianalisis dengan menggunakan asesmen penalaran yang hasilnya dapat digunakan untuk menilai dan menciptakan keterampilan berpikir/bernalar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil tes penalaran yang telah dilakukan berdasarkan indikator Quellmallz, indikator mengingat (recall) rata-rata persentase 60,93%, analisis (analysis) sebesar 62,5%, perbandingan (comparison) 59,37% dan kesimpulan (inference) 57,18%. Respon siswa terhadap penggunaan asesmen penalaran pada pembelajaran Problem Based Learning menunjukkan bahwa secara keseluruhan asesmen penalaran dapat diterima dan mampu menciptakan keterampilan berpikir siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Asesmen Penalaran; Problem Based Learning (PBL); Penalaran; Sistem Ekskresi;
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Adult Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Yuli Sopianti
Date Deposited: 24 Oct 2019 04:09
Last Modified: 24 Oct 2019 04:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26093

Actions (login required)

View Item View Item