Hubungan aktivitas belajar keagamaan di rumah dengan prestasi belajar di sekolah: Penelitian pada siswa kelas VII di SMPN 56 Bandung

Nur Fauziah, Ulfah (2019) Hubungan aktivitas belajar keagamaan di rumah dengan prestasi belajar di sekolah: Penelitian pada siswa kelas VII di SMPN 56 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada kegiatan belajar di sekolah, rendahnya hasil penilaian PAI di sekolah. Peserta didik cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran, kesulitan dalam proses pembelajaran di sekolah karena kurangnya proses pembelajaran yang dilakukan di rumah atau mengulangi kembali materi-materi PAI di sekolah. Hal itu menyebabkan peserta didik tidak mampu mengoptimalkan hasil belajar dan mempengaruhi terhadap nilai dan prestasi belajar PAI di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Realitas aktivitas belajar keagamaan siswa di rumah (2) Realitas prestasi belajar PAI siswa (3) Hubungan aktivitas belajar keagamaan di rumah dengan prestasi belajar PAI siswa. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara Aktivitas belajar keagamaan di rumah dengan prestasi belajar PAI di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasi yaitu penelitian yang berusaha melihat ada atau tidaknya hubungan antara variabel X (Aktivitas belajar keagamaan di rumah) dan variabel Y (prestasi belajar PAI di sekolah). Dalam penelitian ini ada dua hipotesis yang digunakan, yaitu hipotesis nol (H0) yaitu hipotesis yang menyatakan tidak ada hubungan antara variabel X (Aktivitas belajar keagamaan di rumah) dan variabel Y (prestasi belajar PAI di sekolah), dan hipotesis alternatif (Ha) yaitu hipotesis yang menyatakan adanya hubungan antara variabel X (Aktivitas belajar keagamaan di rumah) dan variabel Y (prestasi belajar PAI di sekolah). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) aktivitas belajar keagamaan di rumah adalah berdistribusi normal. Untuk penafsirannya dilihat dari nilai meannya yaitu 44,79 jika dibagi oleh 15 item soal maka diperoleh 2,98 termasuk kategori cukup, karena berada pada skala 2,50-3,50, artinya aktivitas belajar keagamaan di rumah berkategori cukup. (2) Prestasi belajar PAI di sekolah tidak berdistribusi normal. Untuk penafsirannya dilihat dari nilai meannya yaitu 87,38, jika dilihat dari skala penilaian angka tersebut berada pada interval 80-100 sehingga termasuk ke dalam kategori sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar prestasi belajar PAI di sekolah adalah sangat baik. (3) Realitas hubungan antara kedua variabel tersebut adalah 0,27, angka tersebut termasuk pada korelasi lemah karena pada interval 0,21-0,40. Dan hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% menunjukan hasil thitung 1,42 > ttabel 0,39. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya ada hubungan positif antara variabel X dan variabel Y dan memiliki pengaruh sebesar 7%. Maka ada 93% pengaruhnya berasal dari luar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belaajar Keagamaan di Rumah; Prestasi Belajar PAI di Sekolah
Subjects: Islam
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ulfah Nur Fauziah
Date Deposited: 25 Oct 2019 07:06
Last Modified: 25 Oct 2019 07:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26032

Actions (login required)

View Item View Item