Model pembelajaran thinking empowerment by Question (TEQ) untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa pada materi ekologi

Destiana, Reva (2019) Model pembelajaran thinking empowerment by Question (TEQ) untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa pada materi ekologi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang harus memperoleh pengetahuannya agar terampil menjelaskan apabila terdapat permasalahan dalam bentuk gambar, tabel, maupun grafik, maka model pembelajaran TEQ diterapkan untuk memberdayakan kemampuan berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa dengan model pembelajaran TEQ pada materi ekologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimen. Sampel yang digunakan satu kelas sebanyak 26 siswa yaitu kelas X MIA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Instrumen penelitian diantaranya lembar observasi keterlaksanaan guru dan siswa, tes keterampilan berkomunikasi tulisan, lembar observasi keterampilan berkomunikasi lisan dan respon. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran TEQ berjalan sangat baik. Keterampilan berkomunikasi siswa setelah dilakukan pretest dan posttest meningkat dengan perhitungan N-Gain pada kategori sedang sebesar 0,68. Keterampilan berkomunikasi lisan siswa mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya dan diperoleh rata-rata persentase keterampilan indikator berkomunikasi lisan sebesar 79% dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis menunjukan Thitung (25,22) ˃ Ttabel (2,06) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model Thinking Empowerment by Question (TEQ) dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa pada materi ekologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; TEQ; Ekologi;
Subjects: Education
Biology
Ecology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Reva Destiana
Date Deposited: 23 Oct 2019 07:07
Last Modified: 23 Oct 2019 07:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25972

Actions (login required)

View Item View Item