Pengaruh pemungutan retribusi terminal atas kendaraan umum terhadap kualitas pelayanan parkir terminal Cicaheum Dinas Perhubungan Kota Bandung

Aminda, Mimi (2017) Pengaruh pemungutan retribusi terminal atas kendaraan umum terhadap kualitas pelayanan parkir terminal Cicaheum Dinas Perhubungan Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (456kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)

Abstract

Terminal Cicaheum merupakan terminal dengan tipe A, Dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 31 Tahun 1995 Tentang Terminal Transportasi Jalan Pasal 11 Huruf d bahwa, “Luas lahan yang tersedia sekurang-kurangnya 5 ha untuk terminal di Pulau Jawa dan Sumatera, dan 3 ha di Pulau lainnya”, tetapi saat ini luas dari Terminal Cicaheum Kota Bandung hanya 1,1 ha disertai dengan bertambahnya volume kendaraan, dan masih kurangnya pelayanan parkir dari pihak Dinas Perhubungan terkait dengan penerimaan dari pemungutan retribusi, sehingga kendaraan umum membuat pangkalan parkir baru di daerah yang tidak seharusnya (bahu jalan), dari hal tersebut Dinas Perhubungan seharusnya lebih memaksimalkan pelayanan dengan cara melakukan pembenahan fasilitas parkir di Terminal Cicaheum Kota Bandung, seperti perbaikan penataan kios perdagangan agar sirkulasi parkir untuk kendaraan umum menjadi lancar, serta memaksimalkan kapasitas terminal agar mampu memuat seluruh kendaraan umum sebagaimana mestinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemungutan retribusi terminal atas kendaraan umum terhadap kualitas pelayanan parkir terminal Cicaheum Dinas Perhubungan Kota Bandung. Pada penelitian ini untuk variabel X (Pemungutan) menggunakan teori dari dari Oyok Abuyamin (2015) yang terdapat tiga dimensi yaitu asas keadilan, asas ekonomis, dan asas finansial. Serta pada variabel Y (Kualitas Pelayanan) peneliti menggunakan teori dari Zeithmal dalam Hardiyansyah (2011). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif assosiatif dengan hubungan kausal, dan dilakukan teknik Probability Sampling atau Simple Random Sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh supir angkutan umum yang berada di kawasan Terminal Cicaheum yang mambayar retribusi terminal, yang berjumlah 1.414 orang, yang kemudian di ambil sampel sebanyak 100 orang menggunakan rumus slovin. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan alternatif jawaban 5 (lima) pilihan. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik statistik analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda serta uji T (Parsial) dan uji F (simultan), Koefisien Determinasi (KD). Hasil perhitungan deskriptif prosentase menunjukkan bahwa pemungutan retribusi terminal sebesar 69,36% dengan kategori sedang, sedangkan prosentase kualitas pelayanan parkir sebesar 79,91% dengan kategori tinggi. Terdapat pengaruh signifikan tingkat asas keadilan terhadap kualitas pelayanan sebesar 2,781% dan sisanya 97,218%. Terdapat pengaruh signifikan tingkat asas ekonomis terhadap kualitas pelayanan sebesar 2,537% dan sisanya 97,463%. Terdapat pengaruh signifikan tingkat asas finansial terhadap kualitas pelayanan sebesar 3,242% dan sisanya 96,758%. Hasil penelitian pengaruh pemungutan retribusi terminal atas kendaraan umum terhadap kualitas pelayanan parkir Terminal Cicaheum Dinas Perhubungan Kota Bandung dengan nilai koefisien determinasi sebesar 55,4% dan sisanya sebesar 44,64% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemungutan Retribusi Terminal; Kualitas Pelayanan Parkir, Pengaruh;
Subjects: Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 23 Dec 2019 06:56
Last Modified: 23 Dec 2019 06:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25951

Actions (login required)

View Item View Item