Metode bimbingan rohani petuah (Pesantren Sabtu Ahad): Studi di MA Ar-Rosyidiyah

Nurhalizah, teti (2019) Metode bimbingan rohani petuah (Pesantren Sabtu Ahad): Studi di MA Ar-Rosyidiyah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFRAT PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan beragama pada seseorang umumnya disadari pada masa-masa usia dewasa, atau bisa dikatakan usia tua, berkisar lima puluh tahun ke atas, namun bagaimana apabila ternyata itu hanyalah fiktif belaka, kesadaran beragama muncul karena teguhnya hati seseorang pada sang pencipta apalagi pada usia remaja. Usia remaja pada umumnya disebut masa pencarian jati diri, sangatlah butuh akan bimbingan rohani keagamaan seperti contohnya kegiataan keagamaan petuah ini, untuk memberikan keteguhan hati dan keyakinan tinggi pada Allah semata, sehingga sedikit pengaruh negatif dalam lingkungannya dapat dihindari dan dipandang sebagai ilmu yang bermanfaat dalam kehidupannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memaparkan gambaran suatu kegiatan bimbingan rohani di suatu sekolah yang dapat berefek dalam menumbuhkan kesadaran beragama pada santri (siswa). Metode penilitian yang penulis gunakan dalam menggali data yaitu menggunakan metode dekskriptif kualitatif. Metode ini menggambarkan keadaan lapangan penelitian baik dari segi kegiatan, metode yang digunakan maupun efek yang dirasakan santri (objek peneliti) setelah mengikuti kegiatan petuah ini. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, kegiatan bimbingan rohani petuah memiliki berbagai metode dalam penerapan keagamaan bimbingan rohani seperti Shalat Magrib Berjamaah, Dzikir, Sambutan Dan Pengarahan Kepala Sekolah, Shalat Isya Berjamaah, Pembacaan Asmaul Husna, Sholawat, Tahfid, Mengaji Bersama, Tajwid, Diskusi Keagamaan, Tahajud, Shalat Subuh Berjamaah, Bersih-Bersih, Meminta Tandatangan Pembimbing Petuah, dan dengan metode tersebut terlihat berbagai efek samping yang turut dirasakan santri dan pembimbing yaitu dimana santri dan pembimbing merasa kelelahan setelah melaksanakan kegiatan tersebut karena banyaknya kegiatan yang dilaksanakan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan rohani petuah dapat berefek positif bagi siswa dalam menunjang pendidikannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Rohani; Kesadaran Beragama; Petuah;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: teti T-zah nurhalizah
Date Deposited: 31 Oct 2019 03:37
Last Modified: 31 Oct 2019 03:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25946

Actions (login required)

View Item View Item