Proses terapi spiritual terhadap penyembuhan adiksi narkoba : Studi kasus di Inabah XX Puteran Pagerageung Tasikmalaya Jawa Barat

Maulana, Rizki Novian (2019) Proses terapi spiritual terhadap penyembuhan adiksi narkoba : Studi kasus di Inabah XX Puteran Pagerageung Tasikmalaya Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (BAB I)
1_Cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan perkembangan era globalisasi yang begitu pesat banyak pengaruh kepada kehidupan manusia berbagai konteks permasalah terjadi terkhusus masalah narkotik hingga detik ini masih saja menjadi fenomena sangat serius. Oleh karena itu berbagai cara secara global terus dilakukan baik dengan kerja sama nasional, regional, maupun internasional demi memberantas penyalagunaan narkotik ini. Selain itu juga telah dilakukannya pendekatan yang selama ini cenderung lebih menekankan kepada pendekatan keamanan sekarang mengalami perubahan kepada pendekatan berimbang antara keamanan, kesehatan dan keagamaan. Untuk itu Inabah XX menangani penyembuhan adiksi narkotik dengan menggunakan terapi islam dan salah satunya ialah terapi spiritual. Dalam menjalankannya Inabah XX menterapi dengan metode mandi taubat, sholat, dzikir, serta puasa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana metode terapi spiritual ini di terapkan terhadap penyembuhan adiksi narkotik di Inabah XX serta bagaimana proses terapi spiritual ini terhadap penyembuhan adiksi narkotik yang ada di panti penyembuhan Inabah XX Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif deskriptif mengumpulkan data dilapangan yang didukung dengan wawancara, studi pustaka, analisis serta dokumentasi. Terapi spritual sendiri merupakan penghayatan dan keadaan seorang hamba yang dekat dengan tuhannya melalui ajaran-ajaran berkonteks ibadah untuk meningkatkan kualitas tindakan dan hidup melalui suatu proses penandaan dengan tubuh serta otak sebagai wilayah aktivitasnya Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi spiritual yang ada di Inabah XX dapat menyembuhkan dan menyadarkan kembali para adiksi narkotik. Dengan beberapa metode seperti mandi malam atau mandi taubat, sholat tahajud, berdzikir, dan berpuasa. Hal ini terbukti dengan proses penyebuhan dari mulai mandi malam jam 02.00 dilanjutkan sholat tahajud, berdzikir hingga ibadah-ibadah serta amalan lainnya sebagai rutinitas setiap hari yang dialami para adiksi narkotik sehingga hal ini membuat para adiksi narkotik yang tadinya kecanduan narkoba menjadi terbebas hidupnya dan merasa lebih tenang saat menghadapi permasalahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Terapi Spiritual; Adiksi; Narkoba
Subjects: Social Welfare, Problems and Services > Narcotics Problems
Personal Health, Hygiene > Subtance Abuse, Drug Abuse
Miscellaneous Branches of Medicine and Surgery > Rehabilitation
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Rizki Novian Maulana
Date Deposited: 22 Oct 2019 04:01
Last Modified: 22 Oct 2019 04:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25897

Actions (login required)

View Item View Item