Perkembangan dakwah di Timor melalui tradisi Bonet: Studi fenomenologi masyarakat adat di Kampung Manela Desa Mauleum Kecamatan Amanuban Timor Kabupaten Timor Tengah Selatan

Mone, Thohir Karman (2019) Perkembangan dakwah di Timor melalui tradisi Bonet: Studi fenomenologi masyarakat adat di Kampung Manela Desa Mauleum Kecamatan Amanuban Timor Kabupaten Timor Tengah Selatan. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (479kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Kebudayaan tradisi Bonet merupakan fenomena yang telah melekat sejak dulu sampai saat ini. Adapun komonitas- komunitas kegamaan atau tradisi buadaya di Kampung Manela Kabupaten Timor Tenagah Selatan yang kiat dalam melakuakan ritual atau tradisi Budaya Bonet. Komunitas muslim di kampung Manela dalam mengembangkan nilai islam melalui tradisi Bonet atau simbol simbol yang ada di tradisi Bonet itu bertujuan untuk mengembangkan nilai islam. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui Tradisi Bonet pada Masyarakat Kampung Manela Desa Mauleum Kecamatan Amanuban Timor Kabupaten Timor Tengah Selatan?Mengetahui makna simbol Bonet pada masyarakat Desa Mauleum Kecamatan Amanuban Timor Kabupaten Timor Tengah Selatan? Untuk mengetahui makna simbol pada Bonet pada Masyarakat kampung Manela Desa Mauleum Kecamatan Amanuban Timor Kabupaten Timor Tengah Selatan. Dakwah menjadi prilaku muslim dalam menjalakan islam sebagai agama rahmatan lilalamin yang harus di dakwahkan kepada seluruh manusia, yang dalam prosesnya melibatkan usur da,(subjek), maaddah (materi) thoriqoh (metode), washilah (media),dan mad‟u dalam mencapai maqashid (tujuan) dakwah yang melekat dengan tujuan islam yaitu untuk mencapai kebahagian hidup di dunia dan di akhirat.dakwah juga dapat di pahami dengan proses internalisasi tranformasi, dan difusi ajaran islam dalam kehidupan masyarakat.dakwah mengandung arti panggilan dari Allah Swt. Dan Rasululluh Saw. Untuk umat manusia agara percaya kepada ajaran islam dan mewujutkan ajaran yang di percayai itu dalam segala segi kehidupan. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah Fenomenologi. Pada umumnya bertujuan untuk memahami sudut pandang orang pribumi hubungan dengan kehidupan dan dunianya. Dalam proses peneltian disini akan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Deskripsi merupakan pemaparan peristiwa atau situasi. adapun deskriptif dalam penelitian ini digunakan untuk menggambarkan berbagai fenomena atau gejala yang di amati saat penelitian, baik melalui catatan lapangan (field notes). Pengembangan dakwah di Timor melalui tradisi bonet dilakukan dengan cara menerapkan simbol simbol dakwah di tradsisi tersebut melaksanakan pengajian di masjid proses melalui bonet mekanisme pada pelaksanaan dakwa di bonet semua pantung yang di ucapakan didalam bonet sebagiannya menggunakan kalimat kalimat yang mengadung ajakan pelaksanaan amal maruf nahi mukar. perkembangan dakwak timor melalui tradisi bonet, melaui seni tradisi bonet dalam tahun tahun terakhir ini mulai dimasukan misin dakwah islam dengan mengganti kalimat- kalimat yang biasanya murni pantun dan cerita- cerita leluhur timor tengah selatan yang mekisahkan peperangan denga kalimat- kalimat yang mengajaka kepada perbuatan kebaikan sesuai dengan norma norma ajaran islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Budaya;
Subjects: Islam > Da'wah
Culture and Institutions > Specific Aspect of Culture
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 22 Oct 2019 03:52
Last Modified: 22 Oct 2019 03:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25874

Actions (login required)

View Item View Item