Penggunaan Tracker sebagai video analysis pada materi usaha dan energi untuk meningkatkan keterampilan proses Sains peserta didik

Apriliani, Irma (2019) Penggunaan Tracker sebagai video analysis pada materi usaha dan energi untuk meningkatkan keterampilan proses Sains peserta didik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi .pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (398kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
6_bab3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka .pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan proses sains peserta didik dinilai sangat rendah, hal ini karena dalam kegiatan pembelajaran pendidik tidak menerapkan inovasi pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk aktif dan bersikap ilmiah layaknya seorang ilmuan. Pendidik lebih sering menggunakan metode pembelajaran berbasis konvensional. Oleh karena itu diperlukan suatu penelitian yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penggunaan aplikasi tracker sebagai video analysis untuk kegiatan pembelajaran fisika menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan KPS peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dan desain one group pretest-posttest design. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi tracker. (2) Penerapan aplikasi tracker untuk meningkatkan KPS peserta didik pada materi energi kinetik dan energi potensial di Kelas X MIA SMA IT Dipatiukur. (3) Mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan aplikasi tracker dalam kegiatan eksperimen di Kelas X MIA SMA IT Dipatiukur. Hasil penelitian diperoleh: (1) keterlaksanaan pembelajaran terlaksana dengan baik, (2) terdapat peningkatan KPS pada peserta didik setelah diberikan treatment dengan menggunakan aplikasi tracker sebagai video analysis pada materi energi kinetik dan energi potensial di kelas X MIA SMA IT Dipatiukur dengan rata-rata kategori “baik” untuk setiap indikator KPS, (2) respon peserta didik terhadap penggunaan aplikasi tracker dalam kegiatan pembelajaran memberikan respon “setuju” jika tracker dapat membantu peserta didik dalam kegiatan pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan proses sains; tracker; energi kinetik dan energi potensial.
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Secondary Education
Education, Research
Technology, Applied Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Irma Ir-ir Apriliani
Date Deposited: 22 Oct 2019 08:27
Last Modified: 22 Oct 2019 08:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25797

Actions (login required)

View Item View Item