Analisis logika internal dalam pembelajaran usaha dan energi berdasarkan motif eliciting, kriteria plausible, dan aspek subtantif

Syaepudin, Muhammad Rully (2019) Analisis logika internal dalam pembelajaran usaha dan energi berdasarkan motif eliciting, kriteria plausible, dan aspek subtantif. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran pada hakikatnya merupakan kontruksi pengetahuan yang melibatkan interaksi guru, peserta didik, dan materi subjek. Keefektifitasan suatu pembelajaran diperlukan sebuah pendekatan menyeluruh yang melibatkan semua komponen pembelajaran. Salah satu pendekatan pembelajaran sebagai sebuah totalitas tak terpisahkan adalah logika internal melalui PMS. Pembelajaran dalam PMS adalah bagaimana mengajarkan materi subjek agar teachable (mudah diajarkan) oleh guru dan accessible (mudah diterima) oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui struktur makro pembelajaran usaha dan energi dan logika internal dalam pembelajaran usaha energi berdasarkan motif eliciting, kriteria plausible, dan aspek subtantif. Melalui metode penelitian kualitatif deskriptif diperoleh bahwa struktur makro pembelajaran usaha dan energi meliputi: (1) usaha; (2) energi; (3) hubungan usaha dan energi; (4) hukum kekekalan energi mekanik. Sementara itu, melalui analisis wacana teks dasar diperoleh persentase ketercapaian logika internal berdasarkan motif eliciting eliciting 35,14 %, kriteria plausible 47,82 %, dan aspek subtantif 31,58%. Persentase ini menunjukkan bahwa logika internal melalui PMS pada pembelajaran usaha dan energi dapat dikatakan tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pedaogi Materi Subjek (PMS); logika internal; motif eliciting; kriteria plausible; aspek subtantif;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhammad Rully Syaepudin
Date Deposited: 17 Oct 2019 07:43
Last Modified: 17 Oct 2019 07:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25695

Actions (login required)

View Item View Item