Pengaruh model Group Investigation berbantu WhatsApp pada materi pencemaran lingkungan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa

Fauziah, Khilda (2019) Pengaruh model Group Investigation berbantu WhatsApp pada materi pencemaran lingkungan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis siswa yang masih rendah menjadi permasalahan yang mendasar dalam penelitian ini. Model Group Investigation berbantu WhatsApp digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Waktu penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2018/2019 mulai dari bulan April sampai bulan Mei 2019. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas VII-B berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-A berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, tes keterampilan berpikir kritis siswa, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan proses pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan model Group Investigation berbantu WhatsApp terlaksana dengan kategori sangat baik. Keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen meningkat dengan N-Gain 0,68 dan kelas kontrol 0,53. Hasil uji-t menunjukkan pembelajaran dengan model Group Investigation berbantu WhatsApp berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan. Terjadinya peningkatan pada semua parameter karena faktor kegiatan model pembelajaran yang mendukung dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Respon siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan model Group Investigation berbantu WhatsApp memiliki rata-rata nilai 4,27 berkategori tinggi dan kelas konvensional sebesar 4,13 berkategori tinggi. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan dalam menentukan model pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran;Model Group Investigation;WhatsApp;Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Khilda Fauziah Ijra'i
Date Deposited: 17 Oct 2019 04:28
Last Modified: 23 Oct 2019 02:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25692

Actions (login required)

View Item View Item