Pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pengembangan media pembelajaran KODIMAT (Komik Digital Matematika)

Oktaviani, Betty (2019) Pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pengembangan media pembelajaran KODIMAT (Komik Digital Matematika). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover[1].pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (816kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and ‎Development (R&D) yang diadaptasi dari Thiagarajan (1974). Adapun tahapan ‎yang dilalui peneliti yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan ‎development (pengembangan) yang bertujuan untuk mengembangkan suatu media ‎pembelajaran berupa KODIMAT (komik digital matematika) yang dapat ‎mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa. Media yang dikembangkan ‎diuji kelayakannya oleh para ahli kemudian diuji cobakan kepada kelas skala kecil ‎dan kelas skala besar. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan ‎lembar penilaian para ahli, tes berupa soal uraian, angket praktikalitas dan skala ‎sikap. Penelitian pengembangan ini menghasilkan suatu media KODIMAT (komik ‎digital matematika) yang layak digunakan dalam pembelajaran matematika. ‎Adapun penilaian lembar validasi oleh ahli media memperoleh persentase akhir ‎‎94% dan penilaian validasi oleh ahli materi memperoleh persentase akhir 80% ‎dengan kriteria valid. Kepraktisan media pembelajaran KODIMAT (komik digital ‎matematika) memperoleh persentase akhir 80% dengan kriteria praktis dan ‎keefektifan media juga memperoleh persentase akhir 80% dengan kriteria sangat ‎efektif. Pencapaian komunikasi matematis yang diperoleh siswa setelah ‎menggunakan KODIMAT (komik digital matematika) pada pembelajaran ‎memperoleh persentase sebesar 70% dengan kategori sangat tinggi. Selain itu, ‎siswa menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran matematika sebesar 79%, ‎penggunaan media KODIMAT sebesar 79% dan sikap positif terhadap soal-soal ‎komunikasi matematis sebesar 80%.‎

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; KODIMAT; Komunikasi Matematis
Subjects: Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Betty Oktaviani
Date Deposited: 16 Oct 2019 06:15
Last Modified: 16 Oct 2019 06:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25599

Actions (login required)

View Item View Item