Manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 3 Tasikmalaya

Fajari, Ilham (2019) Manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 3 Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Perpustakaan merupakan salah satu unsur penting dalam lembaga pendidikan untuk menentukan keberhasilan sekolah dalam membentuk peserta didiknya yang berkualitas. dalam suatu lembaga pendidikan sekolah atau madrasah, harus menyediakan sumber belajar yang diperlukan untuk kegiatan belajar mengajar, salah satu sumber belajar yang sangat diperlukan adalah perpustakaan. oleh karena itu dalam suatu lembaga pendidikan perlu adanya proses manajemen perpustakaan yang baik guna untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar alamiah MAN 3 Tasikmalaya, bagaimana pelaksanaan manajemen perpustakaan mulai dari aspek perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. bagaimana pengembangan koleksi dalam manajemen perpustakaan, bagaimana faktor penunjang dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen perpustakaan, dan bagaimana hasil yang didapatkan dari manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa maju mundurnya lembaga pendidikan atau perpustakaan sangat dipengaruhi oleh sistem manajemen yang berlaku, yang dapat diamati melalui latar alamiah, konsep dasar manajemen dan pelaksanaannya, pengembangan koleksi perpustakaan, faktor penunjang dan penghambat manajemen perpustakaan, serta hasil dari manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan menyalin dokumen. analisis data dilakukan dengan unitisasi data, kategorisasi data dan penafsiran data. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) latar alamiah MAN 3 Tasikmalaya merupakan lembaga pendidikan formal yang asalnya merupakan kelas jauh dari MAN Cipasung, dan pada tahun 1993 resmi menjadi MAN kiarakuda. (2) perencanaan meliputi program kerja jangka pendek, menengah, panjang dan rencana pengadaan buku dan sarana prasarana. (3) pengorganisasian merupakan sebagian dari pelayanan dan pemberian wewenang dan tanggungjawab. (4) penggerakan meliputi layanan sirkulasi, layanan bimbingan pemakai, layanan literasi informasi, layanan referensi, layanan kemas ulang informasi dan layanan diskusi. (5) pengawasan dilakukan dengan pengawasan kinerja petugas, kebersihan, kedisiplinan dan pengawasan layanan sirkulasi. (6) pengembangan koleksi dilakukan dengan cara pembelian yang meliputi kebijakan pengembangan koleksi, pemilihan bahan pustaka dan cara pengadaan buku serta dengan hadiah. (7) faktor penunjang dan penghambat diantaranya, personil, peserta didik, fasilitas, dan lingkungan. (8) hasil yang dicapai adalah memberikan pelayanan yang terbaik kepada pemustaka dan kenyamanan yang dirasakan oleh pemustaka merupakan keberhasilan yang sangat dibanggakan. ENGLISH: library is one of the important element in educational institutions to determine the success of school in forming qualty students. in a school or madrasa educational institution, must provide learning resources needed for teaching and learning activities. one of the learning resources that are needed is the library. therefore in an educational institution there needs to be a good library management process to improve the quality of education. The purpose of this study was to determine the natural setting of MAN 3 Tasikmalaya, how to implement library management starting from the aspects of planning, organizing, mobilizing, and controling. how to develop collections in library management. how the supporting and inhibiting factors in implementing library management. and how the results obtained from library management in increasing students’ interest in reading This research is based on the idea that the progress of educational institutions or libraries is strongly influenced by the applicable management system, which can be observed through natural settings, basic concepts of management and implementation, library collection development, supporting and inhibiting factors for library management, and the results of library management in increase students’ interest in reading. This research uses a qualitative approach, the method used in this research is descriptive method, data collections is done by observation, interviews, and copying documents, data analysis is performed by data unitization, data categorization and data interpretation. The results of the research conducted show that (1) the natural setting of MAN 3 Tasikmalayais a formal educational institution that originally came from a class far from MAN Cipasung, and in 1993 officially became MAN Kiarakuda. (2) planning includes short, medium, long team work programs, and plans for procurement of books and infrastructure. (3) organizing is part of the service and giving authority and responsibility. (4) mobilization includes circulation services, user guidance services, infrmation literacy service, referensi services, information repackaging services and discussion services. (5) supervision is carried out by supervising the performance of officers, cleanliness, discipline and supervision of circulation services. (6) library collection development is carried out by means of purchase which includes collection development policies, selection of library materials and ways of procuring books and gifts. (7) supporting and inhibiting factors include, personnel, students, facilities and the environment. (8) the results achieved are providing the best service to users and the comfort felt by library users is a very proud success.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Operations, Archieves, Information Centers
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ilham fajari
Date Deposited: 17 Oct 2019 06:15
Last Modified: 17 Oct 2019 06:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25559

Actions (login required)

View Item View Item