Pengaruh perbandingan konsentrasi nitrat dan amonium terhadap pertumbuhan tanaman sawi pagoda (Brassica narinosa) dengan hidroponik sistem NFT (Nutrient Film Technique)

Gumelar, Agung (2019) Pengaruh perbandingan konsentrasi nitrat dan amonium terhadap pertumbuhan tanaman sawi pagoda (Brassica narinosa) dengan hidroponik sistem NFT (Nutrient Film Technique). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3_ABSTRAK.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Hidroponik NFT merupakan salah satu sistem budidaya pertanian yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan memperbaiki kualitas sayuran. Salah satu unsur hara yang diserap tanaman adalah Nitrogen (N). Nitrogen yang diserap tanaman berupa Nitrat (NO3) dan Amonium (NH4). Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh perbandingan konsentrasi nitrat dan amonium terhadap pertumbuhan tanaman sawi pagoda pada sistem hidroponik NFT. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2019 di screen house kelompok tani Mekar Bayu Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) sederhana dengan lima taraf perbandingan konsentrasi nitrat dan ammonium dengan lima kali ulangan, yaitu (100% : 0%, 75% : 25%, 50% : 50%, 25% : 75%, 0% : 100%). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan konsentrasi nitrat dan amonium berpengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, nilai klorofil, warna daun, berat basah brangkasan, berat segar tajuk tanaman, berat kering tanaman, dan kehilangan berat saat masa penyimpanan. Pemberian nitrat : amonium 75% : 25% mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman sawi pagoda pada hidroponik sistem NFT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sawi Pagoda;Hidroponik NFT;Rasio Nitrat; Amonium
Subjects: Production, Industrial Economics > Agriculture
Plants, Botany > Research of Plants
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Agung Gumelar
Date Deposited: 16 Oct 2019 02:29
Last Modified: 16 Oct 2019 02:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25530

Actions (login required)

View Item View Item