Pengaruh intensitas membaca Al-Quran terhadap kecerdasan emosional siswa: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP PGRI 10 Bandung

Wasilah, Dian (2019) Pengaruh intensitas membaca Al-Quran terhadap kecerdasan emosional siswa: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP PGRI 10 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (711kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy

Abstract

Dalam penelitian ini siswa kelas VIII di SMP PGRI 10 Bandung memiliki permasalahan dalam mengendalikan dan mengelola emosinya, salah satunya ditunjukan dengan tingkah laku mereka sehari-hari. Hal ini menunjukan kecerdasan emosional mereka rendah karena dipengaruhi oleh masa perkembangan yang dialami yakni pada tahap pra-remaja sehingga mereka belum sepenuhnya dapat mengelola keseluruhan aspek kecerdasan emosionalnya. Maka upaya program membaca Al-Quran secara intens dilakukan sebagai cara untuk meningkatkan kecerdasan emosional yang ada pada siswa kelas VIII SMP PGRI 10 Bandung. Tujuan penelitiian ini untuk mengetahui; 1) Intensitas membaca Al-Quran siswa kelas VIII SMP PGRI 10 Bandung, 2) Kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP PGRI 10 Bandung, dan 3) Pengaruh intensitas membaca Al-Quran terhadap kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP PGRI 10 Bandung. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional yaitu dengan membaca Al-Quran. Pembentukan pribadi dan moral siswa tentu tidak lepas dari adanya pengaruh pendidikan agama dalam hal ini pendidikan Al-Quran yang diterapkan dalam dirinya. Membaca Al-Quran termasuk kedalam dzikir lisan dan merupakan suatu uasaha yang dilakukan siswa dalam proses belajar untuk suatu perubahan tingkah laku, pengendalian moral, dan pembentukan akhlakul karimah. Dalam hal ini tingkah laku, moral dan akhlak siswa tersebut merupakan cara pengelolaan dan pengendalian kecerdasan emosional yang didapatnya melalui membaca Al-Quran secara intens. Dari asumsi tersebut dirumuskan hipotesis, semakin tinggi pengaruh intensitas membaca Al-Quran maka akan semakin baik pula kecerdasan emosional mereka, sebaliknya semakin rendah pengaruh intensitas membaca Al-Quran maka semakin buruk pula kecerdasan emosional mereka. Secara umum metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, angket, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Sampel yang diteliti sebanyak 40 orang siswa. Teknik pengolahan data yang dilakukan adalah teknik parsial dan analisis korelasi menggunakan statistik non parametik. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa rsealitas intensitas membaca Al-Quran siswa kelas VIII SMP PGRI 10 Bandung sebesar 3,36 dengan kualifikasi sangat baik. Realitas kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP PGRI 10 Bandung sebesar 3,142 dengan kualifikasi sangat baik. Sementara itu, hasil penelitian variabel X data dengan menggunakan analisis korelasi menunjukan bahwa keterkaitan antara intensitas membaca Al-Quran dengan kecerdasan emosional sebesar 0,66 dengan tingkat korelasi tinggi. Begitu pula dengan hasil analisis uji signifikansi korelasi menunjukan bahwa t hitung > t tabel yaitu 5,44 > 1,684. Adapun kadar pengaruh intensitas membaca Al-Quran terhadap kecerdasan emosional siswa sebesar 25%. Oleh karena itu ada faktor lain sebesar 75% yang turut mempengaruhi kecerdasan emosional mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Intensitas Membaca Al-Quran; Kecerdasan Emosional
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Wasilah
Date Deposited: 16 Oct 2019 08:15
Last Modified: 16 Oct 2019 08:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25523

Actions (login required)

View Item View Item