Bimbingan keagamaan melalui kajian Ta'lim Muta'allim untuk membentuk budi pekerti pada siswa kelas IX: Penelitian di Hayat School Cigending Ujungberung Bandung

Juliani, Rachmi Try (2019) Bimbingan keagamaan melalui kajian Ta'lim Muta'allim untuk membentuk budi pekerti pada siswa kelas IX: Penelitian di Hayat School Cigending Ujungberung Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy

Abstract

Kehidupan manusia dari masa ke masa semakin berkembang seiring dengan lajunya ‎perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Akan tetapi di zaman yang semakin modern ini, bukan ‎saja memiliki dampak yang menguntungkan bagi manusia, melainkan juga dampak negatif yang ‎terkadang kurang disadari oleh manusia. Untuk mencegah dan memberantas dampak negatif tersebut, ‎maka perlu adanya usaha-usaha untuk meningkatkan pengalaman dan kesadaran moral, yaitu dengan ‎meningkatkan pendidikan budi pekerti di sekolah, pesantren, perguruan tinggi dan masyarakat secara ‎luas. ‎ Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budi pekerti siswa sebelum adanya kajian ta’lim ‎muta’allim, metode, isi dan hasil dari Bimbingan Keagamaan melalui Kajian Ta’lim Muta’allim untuk ‎Membentuk Budi Pekerti pada Siswa Kelas IX di Hayat School Cigending-Ujungberung Bandung.‎ Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa bimbingan keagamaan dapat diartikan sebagai ‎proses pemberian bantuan terhadap individu agar kehidupan keagamaannya senantiasa selaras dengan ‎ketentuan dan petunjuk Allah SWT sehingga dapat mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat ‎‎(Aunur Rahim Faqih 2001:62).‎ Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode ini digunakan ‎untuk memberikan gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual serta akutat mengenai fakta-fakta, ‎serta hubungan fenomena yang diselidiki di tempat penelitian. Adapun teknik pengumpulan data yang ‎digunakan dalam penelitian ini meliputi: teknik observasi, teknik wawancara, dokumentasi dan studi ‎pustaka.‎ Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa metode bimbingan keagamaan melalui kajian ta’lim ‎muta’allim untuk membentuk budi pekerti pada siswa kelas IX, meliputi: metode experiential learning, ‎metode ceramah, metode tanya jawab dan metode persentasi. Dan hasil yang didapatkan dalam ‎penelitian ini adalah bahwa bimbingan keagamaan melalui kajian ta’lim muta’allim untuk membentuk ‎budi pekerti pada siswa kelas IX yang dilakukan di Hayat School, menunjukan bahwa siswa ‎menunjukan perubahan yang cukup signifikan, baik dari segi pemahaman dan pengamalan tingkah laku ‎siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bimbingan keagamaan melalui kajian ta’lim muta’allim ‎menunjukan hasil yang baik dalam pembentukan budi pekerti siswa kelas IX di Hayat School, ‎Cigending-Ujungberung Bandung.‎

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ‎Bimbingan Keagamaan; Ta’lim Muta’allim; Budi Pekerti Siswa.‎
Subjects: Islam
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Rachmi Try Juliani
Date Deposited: 11 Oct 2019 02:30
Last Modified: 11 Oct 2019 02:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25240

Actions (login required)

View Item View Item