Penerapan metode Interactive Lecture Demonstration (ILD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih: Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas VIII MTs Muhajirin Kota Bandung

Wahyuni, Ega Sri (2018) Penerapan metode Interactive Lecture Demonstration (ILD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih: Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas VIII MTs Muhajirin Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER SKRIPSI.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan observasi awal, hasil belajar siswa kelas VIII MTs Muhajirin Kota Bandung pada mata pelajaran fiqih masih rendah. Hal ini ditunjukkan dari hasil ulangan harian pada mata pelajaran fiqih. Berdasarkan permasalahan tersebut rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih disinyalir karena proses pembelajaran yang dilakukan guru masih bersifat konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum diterapkannya metode Interactive Lecture Demonstration serta untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Interactive Lecture Demonstration dan hasil belajar siswa setelah dilaksanakannya pembelajaran dengan menggunakan metode Interactive Lecture Demonstration. Penelitian ini didasari atas asumsi bahwa untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih membutuhkan suatu metode pembelajaran salah satunya dengan penggunaan metode Interactive Lecture Demonstration. Metode yang digunakan pada penilitian ini adalah metode Penilitian Tindakan Kelas (PTK). Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu melalui perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan sehingga target penelitian tercapai. Berdasarkan hasil penelitian pada setiap siklus terlihat adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode Interactive Lecture Demonstration. Pada siklus I presentase peningkatan aktivitas guru sebesar 62.5% sedangkan peningkatan aktivitas siswa sebesar 56.25%. Pada siklus II presentase peningkatan aktivitas guru sebesar 81.25% dan aktivitas siswa sebesar 81.25%. Kemudian pada siklus III presentase peningkatan aktivitas guru sebesar 87.5% sedangkan peningkatan aktivitas siswa sebesar 93.75% hasil tersebut menunjukkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Interactive Lecture Demonstration pada mata pelajaran fiqih di MTs Muhajirin Kota Bandung setiap siklusnya mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, sebelum digunakannya metode Interactive Lecture Demonstration siswa yang tuntas belajar 10 orang atau 33.3%. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar sebanyak 12 orang atau 40%, Pada siklus II siswa yang tuntas belajar sebanyak 21 orang atau 70%, kemudian pada siklus III siswa yang tuntas belajar sebanyak 28 orang atau 93.4%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Interactive Lecture Demonstration pada mata pelajaran fiqih di kelas VIII MTs Muhajirin Kota Bandung dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Interactive Lecture Demonstration (ILD); mata pelajaran Fiqih;
Subjects: Religious Education
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Ibadah
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ega Sri Wahyuni
Date Deposited: 10 Oct 2019 02:38
Last Modified: 10 Oct 2019 02:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25200

Actions (login required)

View Item View Item