Pengaruh pelatihan pengembangan diri terhadap potensi diri santri: Penelitian bimbingan kelompok di Pesantren Peradaban Jl. Manisi, Kelurahan Pasirbiru, Kec. Cibiru, Kota Bandung

Nurmuhibah, Tiara Salmah (2019) Pengaruh pelatihan pengembangan diri terhadap potensi diri santri: Penelitian bimbingan kelompok di Pesantren Peradaban Jl. Manisi, Kelurahan Pasirbiru, Kec. Cibiru, Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (584kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy

Abstract

Manusia adalah makhluk Allah Swt yang paling sempurna, baik dari segi jasmani maupun rohani. Sejak lahir manusia sudah dibekali potensi dasar oleh Allah Swt sebagai bekal atau modal awal untuk mengarungi hidup ini dengan baik dan benar. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui dan memahami potensi apa saja yang melekat pada dirinya. Maka perlu adanya upaya yang dilakukan untuk mengembangkan potensi diri, yaitu salah satunya dengan melakukan pelatihan pengembangan diri. Penelitian yang berjudul Pengaruh Pelatihan Pengembangan Diri terhadap Potensi Diri Santri di Pesantren Peradaban, Kota Bandung ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pelatihan pengembangan diri di Pesantren Peradaban, Kota Bandung, (2) Untuk mengetahui potensi diri santri di Pesantren Peradaban, Kota Bandung, (3) Untuk mengetahui pengaruh pelatihan pengembangan diri terhadap potensi diri santri di Pesantren Peradaban, Kota Bandung, serta memberikan manfaat berupa kemudahan kepada santri dalam memahami dan mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan kepada santri Pesantren Peradaban sebanyak 30 orang, dengan teknik simple random sampling yaitu teknik pengambilan sample yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang diukur dengan menggunakan skala likert atau skala sikap. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh antara pelatihan pengembangan diri terhadap potensi diri santri di Pesantren Peradaban, Kota Bandung. Hasil ini ditunjukkan pada nilai Sig sebesar 0,032 pada koefiseien regresi lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 (0,032<0,05) dengan pengujian hipotesis juga dapat ditunjukkan bahwa thitung > ttabel atau ditafsirkan dengan nilai 7,072 > dari 2,048. Adapun besarnya pengaruh pelatihan pengembangan diri terhadap potensi diri santri sebesar 64,1% hal ini dapat dilihat dari tabel model summary yang diinterpretasikan pada rumus koefisien determinasi Kd = 0,8012 x 100% = 64,1%. Maka dapat disimpulkan dalam penelitian ini, Ha = diterima dan H0 = ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pelatihan pengembangan diri terhadap potensi diri santri di Pesantren Peradaban, Kota Bandung. Dengan demikian pengembangan potensi diri santri dipengaruhi oleh pelatihan pengembangan diri sebesar 64,1% dan sisanya sebesar 35,9% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan; Pengembangan Diri; Potensi Diri;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Tiara Salmah Nurmuhibbah
Date Deposited: 10 Oct 2019 04:08
Last Modified: 10 Oct 2019 04:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25197

Actions (login required)

View Item View Item