Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah: Penelitian di MTs Informatika Miftahul Huda Bandung

Shyfa, Chika Nurul (2019) Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah: Penelitian di MTs Informatika Miftahul Huda Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA Manajemen kelas adalah proses pemberdayaan sumber daya, baik material element maupun human element di dalam kelas oleh guru sehingga memberikan dukungan terhadap kegiatan belajar siswa dan mengajar guru. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mengetahui bagaimana cara mengelola kelas karena pada dasarnya pembelajaran yang baik menuntut adanya manajemen kelas yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan latar alamiah MTs Informatika Miftahul Huda Bandung, manajemen kelas, faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran di madrasah, usaha peningkatan proses pembelajaran dan hasil manajemen kelas berupa peningkatan proses pembelajaran di MTs Informatika Miftahul Huda Bandung. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran di madrasah yang efektif dan efisien perlu adanya manajemen kelas yang baik agar terkelola secara sistematis melalui 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, dan 3) evaluasi. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni menggambarkan dan mengungkapkan fakta yang ada, kemudian dijelaskan secara deskriptif dengan kata-kata atau uraian dan menggunakan metode deskriptif, yakni metode yang bertujuan untuk mendeskripsikan masalah yang sedang terjadi atau berlangsung secara rinci apa adanya. Teknik yang dipakai dalam pengumpulan data yaitu observasi partisipasi, wawancara dan menyalin dokumen. Adapun tahapan langkah analisis yang dilakukan yaitu inventarisasi/unitisasi data, klasifikasi/kategorisasi data dan penafsiran/analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam merencanakan kelas di MTs Informatika Miftahul Huda Bandung, guru dan manajer kelas memiliki peran utama didalamnya untuk mewujudkan kelas yang efektif. Pelaksanaan kelas secara teknis dibebankan pada guru di bawah manajerial Kepala Madrasah dan Wakil Kepala Madrasah. Perkembangan manajemen kelas di MTs Informatika Miftahul Huda Bandung dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu, perkembangan akademik peserta didik, keterampilan peserta didik, sikap peserta didik, kinerja guru dan manajer kelas, kelengkapan administrasi kelas, kendala dalam pembelajaran, dan kegiatan lain yang berkaitan dengan pembelajaran. Hasil manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran di madrasah di MTs Informatika Miftahul Huda Bandung bisa terlihat pada tiga aspek yaitu ketercapaian target pembelajaran, prestasi peserta didik dan sebaran alumni. Semua aspek tersebut sudah terbilang cukup optimal dalam ketercapaiannya. ENGLISH Class management is the process of empowering resources, both material elements and human elements in the classroom by the teacher so as to provide support for student learning activities and teacher teaching. Therefore, it is important for teachers to know how to manage classes because basically good learning requires good class management. This study aims to determine and describe the natural background of MTs Informatika Miftahul Huda Bandung, class management, supporting factors and class management inhibiting factors in improving the learning process in madrasas, efforts to improve the learning process and class management results in the form of improving the learning process at MTs Informatika Miftahul Huda Bandung. This research departs from the idea that to achieve a learning goal in an effective and efficient madrasah there is a need for good classroom management to be managed systematically through 1) planning, 2) implementation, and 3) evaluation. In this study using a qualitative approach, which describes and reveals the facts, then explained descriptively with words or descriptions and uses descriptive methods, namely methods that aim to describe the problem that is happening or taking place in detail as it is. The technique used in data collection is participation observation, interviews and copying documents. The stages of the analysis carried out are inventory / unitization of data, data classification / categorization and interpretation / analysis of data. The results showed that in planning classes at MTs Informatika Miftahul Huda Bandung, teachers and class managers had a major role in them to realize effective classes. The class implementation is technically charged to the teacher under the managerial head of the Madrasah and Deputy Head of Madrasah. The development of classroom management at MTs Informatika Miftahul Huda Bandung can be seen from several aspects, namely, academic development of students, student skills, attitudes of students, performance of teachers and classroom managers, completeness of class administration, constraints in learning, and other activities related to learning. The results of class management in improving the learning process in madrasas at MTs Informatika Miftahul Huda Bandung can be seen in three aspects, namely achievement of learning targets, student achievement and alumni distribution. All of these aspects are fairly optimal in their achievements.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Kelas; Pembelajaran;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Chika Nurul Shyfa
Date Deposited: 22 Oct 2019 07:04
Last Modified: 22 Oct 2019 07:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25189

Actions (login required)

View Item View Item