Pelaksanaan bimbingan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar anak

Pratiwi, Yulinar (2019) Pelaksanaan bimbingan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar anak. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah proses untuk membantu anak dalam mengembangkan dirinya sehingga mampu menghadapi setiap perubahan yang terjadi. Keberadaan Bimbingan Agama di Panti Asuhan Anak Shaleh Rancabolang yang menggunakan bimbingan agama melalui proses bimbingan mengaji, bimbingan sholat maupun ceramah dan do’a, bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui program- program bimbingan agama islam yang ada di Panti Asuhan; 2) Mengetahui pelaksanaan dari bimbingan agama islam di panti asuhan; 3) faktor yang mempengaruhi motivasi belajar anak- anak di Panti Asuhan Anak Sholeh Rancabolang. Penelitian menggunakan penelitian deskriptif untuk menghasilkan data berupa kata- kata tertulis dari orang- orang dan perilaku yang dapat diamati. Sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan psikologis sebagai paradigma untuk memahami aktivitas bimbingan agama islam meningkatkan motivasi belajar. Untuk mendapatkan data pada penelitian ini, penulis menggunakan metode: obserfasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini mengacu pada teori belajar yang dikemukakan oleh Garry& Kingsley,1970, belajar merupakan proses tingkah laku (dalam arti luas) ditimbulkan atau diubah oleh praktek dan latihan. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu mengunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data berupa observasi, analisis dan wawancara langsung dengan salah satu pembimbing dan beberapa anak asuh juga memberikan gambaran sesuai fakta lapangan mengenai Pelaksanaan Bimbingan Agama Islam dalam meningkatkan Motivasi belajar anak di Panti Asuhan Anak Shaleh Rancabolang. Hasil dari penelitian ini adalah program- program yang ada di panti asuhan anak sholeh diantaranya yaitu: a) Program pendidikan; b) Tahfidz Alquran; dan c) Muroja’ah Alquran. Faktor yang mempengaruhi Motivasi belajar anak- anak di Panti Asuhan Anak Shaleh Rancabolang dikategorikan menjadi dua faktor yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern meliputi: kemampuan adaptasi yang kurang, minat yang kurang, perilaku minde. Sementara faktor ekstern meliputi kurangnya dukungan dari orangtua. Pelaksanaan bimbingan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar anak di Panti Asuhan Anak Shaleh Rancabolang meliputi: a) pembimbing memposisikan diri sebagai orang tua dengan mengedepankan sikap lembut dan halus; b) metode yang digunakan yaitu metode langsung yang meliputi: kedisiplinan belajar, bimbingan dan arahan dari pengasuh, motivasi atau dorongan dari pengasuh, dan pengawasan dari pengasuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama Islam; Motivasi Belajar; Anak Panti Asuhan
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Child Psychology
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Yulinar Pratiwi
Date Deposited: 11 Oct 2019 02:41
Last Modified: 11 Oct 2019 02:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25127

Actions (login required)

View Item View Item