Bimbingan agama untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an melalui metode tikrar: Studi deskriptif di SD Bintang Madani Bandung Jl.Terusan Pesantren no 102, Cisaranten Bina Harapan, Arcamanik Bandung

Imariani, Imariani (2019) Bimbingan agama untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an melalui metode tikrar: Studi deskriptif di SD Bintang Madani Bandung Jl.Terusan Pesantren no 102, Cisaranten Bina Harapan, Arcamanik Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena bagi sebagian orang, menghafal Al-Qur’an menjadi suatu motivasi dan kebutuhan bagi hidupnya . Namun setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Para penghafal Al-Qur’an tentunya ingin cepat menghafal, ingin hafalannya lancar dan tidak mudah lupa. SD Bintang Madani Bandung merupakan salah satu sekolah yang menaungi siswanya dalam menghafal Al-Qur’an. Sehingga untuk membantu para siswanya SD Bintang Madanai Bandung mempunyai program unggulan dalam membantu siswanya dalam menghafal Al-Qur’an. Metode pembelajaran Al-Qur’an yang dilakukan di SD Madani Bandung yaitu program Tikrar untuk menghafal Al-Qur’an. SD Bintang Madani mempunyai target lulusan yang sangat terencana dan setiap akhir jenjang kelasnya siswanya sudah harus menyelesaikan target yang sudah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep bimbingan, untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan , untuk mengetahui hasil yang dicapai dari bimbingan agama untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an melalui metode tikrar. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran Arifin bahwa bimbingan dan penyuluhan agama adalah segala kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dalam rangka membrikan bantuan kepada orang lain yang mengalami kesulitan-kesulitan rohaniah dalam lingkungan hidupnya aar orang tersebut mampu mengatasinya sendiri karena timbul kesadaran dan penyerahan diri terhadap kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa, sehingga timbul pada diri pribadinya suatu cahaya harapan kebahagiaan hidup masa sekarang dan masa depannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk menemukan gambaran bimbingan agam untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an melalui metode tikrar. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dicapai telah nampak dan dapat dilihat setelah diberikan bimbingan agama untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an menggunakan metode tikrar tersebut, dari segi bacaan dan hafalan ayat-ayat Al-Qur’an pada anak banyak sekali perubahan. Perubahan tersebut dapat dilihat dari bacaan dan hafalan-hafalan ayat-ayat Al-Qur’an yang semakin hari semakin baik dan hafalannya semakin bertambah. Dengan demikian metode tikrar untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an, motivasi anakpun meningkat dibanding dengan siswa yang belum diadakannya bimbingan tersebut, ini terlihat dari respon anak dalam menghafal dengan menggunakan metode tikrar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Menghafal Al-Qur'an; Metode Tikrar
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Child Psychology
Education > Psychology of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: imariani imariani
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:00
Last Modified: 08 Oct 2019 04:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25025

Actions (login required)

View Item View Item