Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior(OCB) pada Karyawan PT.Adhimix Precast RMC (Plant Bandung Timur)

Aeni, Syarifatul (2019) Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior(OCB) pada Karyawan PT.Adhimix Precast RMC (Plant Bandung Timur). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (562kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perilaku Organizational Citizenship Behavior (OCB) yang sudah di tunjukkan oleh beberapa karyawan PT. Adhimix Precast Indonesia (RMC Plant Bandung Timur), namun beberapa karyawan lain belum menujukkan perilaku OCB. dilihat dari absen yang menurun selama tiga bulan tahun 2018. Untuk menciptakan perilaku OCB dibutuhkan pengaruh dari pemimipin dan budaya organisasi. Adanya gaya kepemimpinan ttansformsional ditujukkan oleh Kepala Plant, dan budaya organisasi yang diterapkan PT. Adhimix Precast Indonesia (RMC Plant Bandung Timur). Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada Karyawan PT. Adhimix Precast Indonesia (RMC Plant Bandung Timur). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Gaya Kepemimpinan Transformasional dan budaya organisasi dari Robbins Untuk dimensi OCB berdasarkan teori Organ, Podsakof, dan Mackenzie Sikap menolong Sikap sukarela, Sikap toleransi, Sikap tanggung jawab, Sikap hormat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif, dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara langsung pembagian kuesioner, dan studi literatur. Populasi dari karyawan PT. Adhimix Precast Indonesia RMC Plant Bandung Timur adalah 101 orang, sampel 76 orang menggunakan teknik sampling jenuh. Untuk mengetahui pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behaviour (OCB), digunakan Uji t dan Uji F melalui SPSS 20. Hasil penelitian menujukkan tidak terdapat pengaruh positif gaya kepemimpinan transformasional terhadap OCB, dilihat dari ttabel 1,993 maka thitung < ttabel (–0,498 < 1,993), sedagkan budaya organisasi berpengaruh positif terhadap OCB dengan melihat ttabel 1,993 maka thitung > ttabel (3,355 > 1,993). Secara simultan kedua variabel memiliki pengaruh positif dilihat dri Ftabel 3,12 maka Fhitung > Ftabel (13,610 ≥ 3,12). Berdasarkan koefisien determinasi didapatkan nilai r square 0,272. Hal ini menunjukkan bahwa OCB dipengaruhi oleh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi , sebesar 27,2% sedangkan 72,8% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Transformasional; Budaya Organisasi; Organizational Citizenship Behaviour (OCB);
Subjects: Applied Psychology > Leadership
General Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Syarifatul Aeni
Date Deposited: 07 Oct 2019 07:50
Last Modified: 07 Oct 2019 07:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24998

Actions (login required)

View Item View Item