Pengembangan media pembelajaran Androphysics untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep optik pada peserta didik

Aryanto, Ido (2019) Pengembangan media pembelajaran Androphysics untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep optik pada peserta didik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy

Abstract

Hasil observasi di kelas XI IPA MA Nurul Islam Kabupaten Cianjur menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android belum banyak digunakan. Hal ini dapat dilihat dari data hasil angket 37 orang peserta didik pengguna smartphone yang menunjukkan bahwa 38% peserta didik menggunakan aplikasi seluler jenis multimedia, 35% untuk komunikasi, 16% untuk permainan, dan 11% untuk aplikasi pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi seluler di dalam pembelajaran fisika yang diawali dengan mengembangkan sendiri sebuah aplikasi seluler yang diberi nama Androphysics. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah 40 orang peserta didik di kelas XI IPA MA Nurul Islam. Instrumen yang digunakan adalah angket, Student Activity Sheets (SAS), dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Androphysics sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran, (2) tingkat keterlaksanaan pembelajaran menggunakan Androphysics memiliki efektifitas tinggi, dan (3) Penggunaan Androphysics memiliki tingkat efektifitas sedang untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi alat-alat optik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Androphysics; pemahaman konsep; alat-alat optik.
Subjects: Secondary Education > Upper Level Secondary School
Light, Infrared and Ultraviolet Phenomena > Physical Optics
Depositing User: Ido Aryanto
Date Deposited: 08 Oct 2019 02:25
Last Modified: 08 Oct 2019 02:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24985

Actions (login required)

View Item View Item