Pengaruh jumlah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) subsidi dan non subsidi terhadap laba perusahaan: Studi kasus PT. Bank Tabungan Negara Syariah cabang Jakarta Harmoni

Umayah, Umayah (2017) Pengaruh jumlah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) subsidi dan non subsidi terhadap laba perusahaan: Studi kasus PT. Bank Tabungan Negara Syariah cabang Jakarta Harmoni. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (564kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pembiayaan murabahah dan istishna’. Lembaga pembiayaan dan perbankan untuk menawarkan produk konsumtif yang banyak dikenal dengan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). Pembiayaan yang telah disalurkan oleh bank syariah mengandung risiko kemacetan pelunasannya, sehingga dapat berpengaruh terhadap laba. Sebab laba merupakan peningkatan kekayaan seorang investor sebagai hasil penanam modalnya, setelah dikurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan penanaman modal tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisa: 1) pengaruh KPR Subsidi terhadap Laba Perushaan pada PT Bank Tabungan Negara Cabang Jakarta Harmoni, 2) pengaruh KPR Non Subsidi terhadap Laba Perushaan pada PT Bank Tabungan Negara Cabang Jakarta Harmoni, 3) pengaruh KPR Subsidi dan KPR Non Subsidi terhadap Laba Perushaan pada PT Bank Tabungan Negara Cabang Jakarta Harmoni. Kerangka berfikir dalam penelitian ini adalah dengan semakin tinggi pembiayaan murabahah dan istishna’ di perusahaan maka Laba perusahaan diharapkan tinggi, dan semakin tinggi pula Laba Perusahaan di perusahaan tersebut. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dari laporan keuangan PT. Bank Tabungan Negara Syariah triwulan maret 2014 – juni 2016. Tehnik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan kepustakaan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, dan analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 20.0 dan microsoft excel sebagai penunjang pengolahan data awal. Berdasarkan uji hipotesis, secara parsial variabel KPR subsidi memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap laba perusahaan. Secara parsial juga variabel KPR Non Subsidi memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap laba perusahaan. Variabel KPR Subsidi dan Non Subsidi secara simultan mempunyai pengaruh tidak signifikan terhadap laba perusahaan. Hasil penelitian, peneliti menunjukan bahwa 1) secara parsial KPR Subsidi berpengaruh positif dan tidak signifikan laba perusahaan PT. Bank Tabungan Negara Syariah dimana besarnya pengaruh KPR subsidi sebesar 0,043 terhadap laba perusahaan PT. Bank Tabungan Negara Syariah; 2) Secara parsial KPR Non Subsidi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap laba perusahaan dimana besarnya pengaruh KPR Non Subsidi sebesar 0,093 terhadap laba perusahaan dan 3) secara simultan KPR Subsidi dan Non Subsidi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Laba Perusahaan dengan hasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Subsidi; Non Subsidi; Laba Perusahaan
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Financial Economics, Finance > Credit
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 07 Oct 2019 03:05
Last Modified: 07 Oct 2019 03:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24978

Actions (login required)

View Item View Item