Peran perempuan di bidang politik menurut perspektif Kristen: Studi deskriptif terhadap Gereja Kristen Pasundan di Desa Dayeuhkolot Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung

Hani, Yufarri (2019) Peran perempuan di bidang politik menurut perspektif Kristen: Studi deskriptif terhadap Gereja Kristen Pasundan di Desa Dayeuhkolot Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy

Abstract

Kontribusi dan peran seorang perempuan menjadi sorotan dalam kehidupan sosial dan masyarakat, sehingga menimbukan sebuah dukungan dan oposisi terhadap pemahaman akan kedudukannya. Beberapa masyarakat masih ditemukan ada yang memiliki sebuah pemahaman bahwa perempuan hanya dapat beraktivitas di dalam ruang domestic saja, sedangkan untuk aktivitas perempuan di ruang public, terkhusus pada bidang politik merupakan sebuah ruang khusus bagi kaum laki-laki. Hingga seiring majunya perkembangan zaman, terdapat sebuah undang-undang yang telah ditetapkan oleh negara bahwa pada sebuah partai politik harus memiliki keterwakilan perempuan sekurang-kurangnya 30% dari porsi keseluruhan. Maka dibutuhkan penguatan dan ajaran dari sebuah kacamata agama mengenai peran perempuan dalam ruang public, terkhusus di bidang politik. Berdasarkan pada penjelasan di atas, maka peneliti mengangkat sebuah judul Peran Perempuan di Bidang Politik Menurut Perspektif Kristen (Studi Deskriptif Terhadap Gereja Kristen Pasundan di Desa Dayeuhkolot Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung) dengan merumuskan masalah penelitian, yaitu bagaimana pandangan Agama Kristen terhadap perempuan? Bagaimana posisi dan kedudukan perempuan menurut perspektif Agama Kristen? Dan bagaiaman peran perempuan di bidang politik menurut agama Kristen? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami pandangan agama Kristen terhadap makna dari perempuan, untuk mengetahui dan memahami pandangan agama Kristen terhadap posisi perempuan, dan untuk mengetahui dn memahami bagaiaman pandangan Kristen terhadap perempuan yang berperan di bidang politik. Penelitian ini bila dilihat dari jenisnya termasuk jenis penelitian kualitatif, sedangkan sifatnya penelitian ini bersifat deskriptif. Sumber data primer penelitian ini adalah pendeta gereja, aktivis perempuan, dan jemaat perempuan di sebuah gereja. Sedangkan sumber data sekundernya adalah Alkitab, buku-buku, jurnal dan literatur menegnai peran perempuan di bidang politik menurut agama Kristen. Setelah melalui proses Analisa kemudian peneliti menarik kesimpulan bahwa dalam agama Kristen memiliki perspektif yang positif terhadap peran perempuan di bidang politik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perempuan; Kristen; Politik; Publik; Domestik
Subjects: Christianity > Specific Systems of Theology
Political dan Government Science > Political Ideologies
Divisions: Fakultas Ushuluddin
Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Yufarri Hani
Date Deposited: 08 Oct 2019 07:20
Last Modified: 08 Oct 2019 07:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24971

Actions (login required)

View Item View Item