Pengaruh belajar di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah terhadap hasil belajar PAI di sekolah.

Nurhidayah, Christi (2019) Pengaruh belajar di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah terhadap hasil belajar PAI di sekolah. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_bab5.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di SDN Pondoksirap kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung diperoleh informasi bahwa dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam disana terdapat beberapa fenomena mulai dari siswa yang hasil belajarnya menurun, hingga siswa yang memiliki hasil belajar yang selalu stabil. Sebagaimana peneliti telah melakukan proses wawancara dengan guru PAI di SDN Pondoksirap yang hasil wawancara menyimpulkan bahwa terdapat beberapa fenomena yang ada saat proses pembelajaran yaitu : sebagian siswa merasa awam dengan materi keagamaan yang bersifat hafalan Al-Qur’an, adapula siswa yang merasa kesulitan saat proses pembelajaran PAI dikarenakan menganggap materi keagamaan yang terlalu tinggi sehingga sulit untuk dipahami, lalu ada sebagian siswa lainnya memiliki hasil belajar yang relatif stabil bagi mereka yang berlatar belakang belajar di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran di Madrasah Diniyah Takmiliyah, hasil belajar PAI, dan mengetahui pengaruh belajar di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah terhadap hasil belajar PAI di sekolah. Penelitian ini didasarkan pada asumsi teori bahwa pengaruh merupakan suatu reaksi yang timbul (dapat berupa tindakan atau keadaan) dari suatu perlakuan akibat dorongan untuk mengubah atau membentuk suatu keadaan ke arah yang lebih baik. Maka pengaruh yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pengaruh Belajar di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Terhadap Hasil belajar PAI sebagai upaya perubahan tingkah laku atau pengembangan diri dalam hal kemampuan afektif Hasil belajar yang baik. Oleh sebab itu, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah semakin siswa memahami materi pembelajaran di Madrasah Diniyah Takmiliyah, maka akan semakin baik Hasil belajar PAI di Sekolah. Metode yang peneliti gunakan adalah metode deskriptif korelatif dengan sampel berjumlah 38 siswa kelas II sampai kelas V SDN Pondoksirap. Pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, angket, tes, wawancara dan studi kepustakaan. Adapun untuk analisis datanya dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi. Setelah dilakukan analisis, dapat disimpulkan bahwa: (1) belajar di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah mendapat skor 4,48 dan berkualifikasi sangat tinggi karena berada pada interval 4,20 – 5,00. Sedangkan (2) dalam Hasil belajar ditunjukan dengan skor 80,0 dan berkualifikasi sangat baik karena berada dalam interval 80 - 100. (3) hubungan antara keduanya adalah : (a) koefisien korelasinya termasuk kategori Tinggi berada pada skor 0,40 (b) hipotesisnya diterima yakni semakin paham materi MDTA maka akan semakin baik hasil belajar PAI nya. , berdasarkan uji hipotesis yang menunjukan harga thitung adalah 2,6 ≥ ttabel 2,02. (c) besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 9% dan 91% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah;Hasil Belajar; PAI;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Analysis, Theory of Functions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Christi nurhidayah
Date Deposited: 08 Oct 2019 03:13
Last Modified: 08 Oct 2019 03:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24953

Actions (login required)

View Item View Item