Profil metakognitif siswa melalui metacognitive learning cycle 5E (Engagement Exploration Explanation Elaboration Evaluation) pada materi perubahan lingkungan

Fauziaturohmah, Nidia (2019) Profil metakognitif siswa melalui metacognitive learning cycle 5E (Engagement Exploration Explanation Elaboration Evaluation) pada materi perubahan lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (944kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy

Abstract

Metacognitive Learning Cycle 5E merupakan model pembelajaran yang menekankan siswa untuk aktif dan setiap siklusnya selalu dipantau metakognitif siswa. Setiap siswa memiliki profil metakognitif yang berbeda-beda. Metakognitif dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran dan menganalisis profil metakognitif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental. Sampel dua kelas yaitu X MIA B sebagai kelas kontrol dan X MIA C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan proses pembelajaran dengan Metacognitive Learning Cycle 5E memiliki nilai rata-rata aktivitas guru dan siswa sebesar 90.5%. Profil metakognitif siswa tanpa menggunakan Metacognitive Learning Cycle 5E memiliki nilai rata-rata 72.82 dengan kriteria baik dan indikator pemantauan pemahaman memiliki nilai rata-rata paling tinggi sebesar 76.85. Profil metakognitif siswa dengan menggunakan Metacognitive Learning Cycle 5E memiliki nilai rata-rata 75.38 dengan kriteria baik dan indikator strategi koreksi memiliki nilai rata-rata paling tinggi sebesar 77.78. Hasil tes akhir menunjukkan thitung = 1.097 < ttabel = 2.010, sehingga H0 diterima dan H1 ditolak. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara profil metakognitif siswa pada kelas menggunakan Metacognitive Learning Cycle 5E dengan kelas tanpa menggunakan Metacognitive Learning Cycle 5E.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Profil Metakognitif Siswa; Metacognitive Learning Cycle 5E; Perubahan Lingkungan;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nidia Fauziaturohmah
Date Deposited: 07 Oct 2019 08:23
Last Modified: 07 Oct 2019 08:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24914

Actions (login required)

View Item View Item