Nilai-nilai pendidikan karakter Islami dalam kitab Al-Tibyan fi adabi Hamalat Al-Quran dan relevansinya dengan pendidikan Agama Islam

Putri, Alissya Luxfianti (2019) Nilai-nilai pendidikan karakter Islami dalam kitab Al-Tibyan fi adabi Hamalat Al-Quran dan relevansinya dengan pendidikan Agama Islam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang bertujuan menjadikan manusia yang cerdas secara intelektual, emosional dan spiritual. Seharusnya dengan begitu pendidikan mampu mengatasi kemorosotan karakter yang kian tajam. Namun kenyataanya, pendidikan di era ini lebih kental terhadap transfer pengetahuan semata. Hal ini menjadikan keseimbangan untuk meraih tujuan dalam pendidikan menjadi pincang. Terlebih Pendidikan Agama Islam di sekolah, di tuntut lebih besar dalam pndidikan karakter. Padahal pendidikan karakter bukan hanya tugas Pendidikan Agama Islam, namun seluruh bidang pendidikan. Dengan demikian, penelitian ini mengangkat persoalan bagaimana relevansi Nilai-nilai pendidikan karaker islami menurut Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Tibyān Fῑ Ādābi Ḥamalat Al-Qurān dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam dengan harapan dapat menjadi salah satu referensi untuk mempermudah memahami pendidikan karakter, baik bagi Pendidikan Agama Islam maupun pendidikan umumnya serta menjadi acuan bagi penelitian-penelitian yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) biografi Imam An-Nawawi, (2) nilai-nilai pendidikan karaker islami menurut Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Tibyān Fῑ Ādābi Ḥamalat Al-Qurān, dan (3) relevansi nilai-nilai pendidikan karaker islami menurut Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Tibyān Fῑ Ādābi Ḥamalat Al-Qurān dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library research) dengan kitab Al-Tibyān Fῑ Ādābi Ḥamalat Al-Qurān sebagai objek penelitiannya. Dengan menggunakan metode analisis isi/konten (content Analysis) dan pendekatan filosofis untuk merumuskan konsep-konsep pemikiran dari Imam Al-Nawawi mengenai nilai-nilai Pendidikan Karakter Islami dan relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam melalui analisis Ilmu Pendidikan Islam dan falsafahnya. Adapun simpulan yang di raih dari penelitian ini adalah bahwa, (1) biografi Imam An-Nawawi menunjukan keistimewaan beliau sebagai ulama multidisipliner, yang karya-karyanya sangat monumental dan populer, (2) nilai-nilai pendidikan karakter islami menurut Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Tibyān Fῑ Ādābi Ḥamalat Al-Qurān dapat diklasifikasikan dalam beberapa nilai-nilai karakter yang titik utamanya adalah berorientasi pada sikap religius yang hanya berharap keridlaan Allah semata, dan (3) Relevansi nilai-nilai Pendidikan karakter islami menurut Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Tibyān Fῑ Ādabi Ḥamalat Al-Qurān dengan Pendidikan Agama Islam terletak pada tujuan, materi, metode, dan evaluasinya yang inti dari empat relevansi tersebut dapat mengupayakan dan mengoptimalkan pribadi yang religius lillahi Ta’ala. Dengan harapan pendidik dapat menjadi figur utama dengan keteladanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Karakter Islami; Pendidikan karakter; Karakter; karakter islam; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Islam
Islam > Sources of Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alissya luxfianti putri
Date Deposited: 04 Oct 2019 06:09
Last Modified: 04 Oct 2019 06:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24871

Actions (login required)

View Item View Item