Studi pendahuluan kandungan unsur-unsur dan penurunan kadar kalsium (Ca) dan magnesium (Mg) dalam garam yang diperoleh dari Pantai Selatan Kabupaten Cianjur

Susiana, Rahmanida (2019) Studi pendahuluan kandungan unsur-unsur dan penurunan kadar kalsium (Ca) dan magnesium (Mg) dalam garam yang diperoleh dari Pantai Selatan Kabupaten Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.docx.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya kandungan NaCl yang terdapat pada garam serta peningkatan kebutuhan konsumsi garam yang tidak diimbangi dengan tingkat produksi garam menyebabkan tingginya nilai impor garam nasional, terutama garam industri. Kualitas garam yang dihasilkan dipengaruhi oleh komponen-komponen pengotor utama garam yang dapat menurunkan kadar NaCl pada garam air laut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kandungan unsur-unsur serta potensi secara kimiawi pemanfaatan garam Kabupaten Cianjur sebagai garam dapur serta membandingkannya dengan garam krosok Madura serta Cirebon sebagai salah satu daerah penghasil garam terbesar di Indonesia. Selain itu akan ditentukan pula efektivitas penambahan Na2CO3 - NaOH sebagai bahan pengendap ion pengotor pada garam yaitu Ca2+ dan Mg2+ untuk meningkatkan kandungan NaCl pada garam. Unsur-unsur pada garam diidentifikasi dengan menggunakan instrumen Energy Dispersive X-ray Spectroscopy (EDS) secara semi kuantitatif, analisis kuantitatif pengotor dilakukan dengan menggunakan metode turbidimetri serta SSA, dan untuk menurunkan kadar Ca2+ serta Mg2+ dilakukan metode pengendapan dengan cara menambahkan bahan kimia Na2CO3 – NaOH yang telah dioptimasi konsentrasi dan perbandingan volumenya. Dari hasil penelitian diketahui bahwa garam pantai Sereg Kabupaten Cianjur dan Madura mengandung unsur C, O, Na, Cl, Mg, S, Ca, Mn, Fe, Br, Sr, I, Hg serta Pb. Kandungan Ca2+ dan Mg2+ pada garam pantai Kabupaten Cianjur lebih besar dibandingkan dengan garam Madura dan Cirebon, dan penambahan Na2CO3 efektif untuk menurunkan kadar Ca2+ sampai 83% serta penambahan NaOH efektif untuk menurunkan kadar Mg2+ sampai 93%, namun garam yang dihasilkan belum memenuhi standar SNI garam konsumsi rumah tangga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Air laut; garam; pengendapan; kalsium; magnesium;
Subjects: Analytical Chemistry
Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Inorganic Chemistry
Inorganic Chemistry > Metals, Their Compounds and Mixtures
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: Rahmanida Susiana
Date Deposited: 14 Oct 2019 07:32
Last Modified: 14 Oct 2019 07:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24846

Actions (login required)

View Item View Item