Manajemen penguatan pendidikan karakter integritas: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tasikmalaya

Nuraeni, Wiwin (2019) Manajemen penguatan pendidikan karakter integritas: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy

Abstract

Penguatan pendidikan karakter integritas merupakan bagian dari lima penguatan pendidikan karakter yang diusung oleh pemerintah diperkuat oleh peraturan presiden No.87 Tahun 2017 mengenai penguatan pendidikan karakter. Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tasikmalaya mempunyai cara tersendiri dalam melaksanakan penguatan pendidikan karakter integritas dengan memasukkan bimbingan konseling dalam jadwal pelajaran. Nilai karakter yang terdapat pada karakter integritas yaitu: 1) kejujuran; 2) tanggung jawab; 3) keteladanan; 4) kesantunan; 5) anti korupsi; 6) komitmen moral; 7) cinta pada kebenaran. Perencanaan dilakukan oleh perwakilan dari setiap stakeholder bertempat di madrasah membahas perencanaan kegiatan intrakurikuler (pembelajaran), kegiatan ko-kurikuler (pengayaan), kegiatan ekstrakurikuler dan bimbingan konseling. Pengorganisasian dirumuskan oleh kepala madrasah, komite madrasah, pendidik dan tenaga kependidikan untuk menentukan orang yang akan diberi amanat menjalankan kegiatan. Pelaksanaan dilakukan pada kegiatan intrakurikuler, ko-kurikuler, ekstrakurikuler dan bimbingan konseling. Mata pelajaran PKn menjadi leading sector pada pelaksanaan penguatan pendidikan karakter integritas. Pengawasan dilakukan oleh Kepala sekolah, wakamad bid.kesiswaan, guru pendidikan kewarganegaraan dan guru bimbingan konseling. 3) Faktor pendukung karakter integritas diantaranya: 1) Faktor internal ( Lingkungan madrasah, pendidik dan tenaga kependidikan); 2) Faktor eksternal (orangtua dan masyarakat). Faktor pengahambat karakter integritas yaitu: media sosial, orangtua, lingkungan pergaulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Karakter; Integritas; Pendidikan kewarganegaraan;
Subjects: Education, Research of Language, Related Topics of Language
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wiwin Nuraeni
Date Deposited: 03 Oct 2019 04:25
Last Modified: 03 Oct 2019 04:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24752

Actions (login required)

View Item View Item