Kepemipinan demokratis pondok pesantren dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik: Penelitian di Pondok Pesantren Baiturrahman Ciparay-Bandung

Cahyana, Firna Chintia Try (2019) Kepemipinan demokratis pondok pesantren dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik: Penelitian di Pondok Pesantren Baiturrahman Ciparay-Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepemimpinan yang dimiliki oleh pimpinan pondok pesantren Baiturrahman dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik. Kepemimpinan yang sesuai dengan teori yang dimiliki oleh pimpinan pondok pesantren Baiturrahman menjadi pusat perhatian dalam peningkatan kinerja tenaga pendidiknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) model kepemimpinan di Pondok Pesantren Baiturrahman, (2) kinerja tenaga pendidik di Pondok Pesantren Baiturrahman, (3) upaya yang dilakukan pimpinan pondok Pesantren Baiturrahman dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik, (4) faktor penghambat dan faktor pendukung dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik di pondok pesantren Baiturrahman. Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa tipe kepemimpinan dimaksudkan sebagai cara berperilaku yang khas dari seorang pemimpin terhadap para anggota kelompoknya. Dengan demikian, tipe kepemimpinan adalah cara pemimpin berperilaku secara konsisten terhadap bawahan sebagai anggota kelompoknya (Wahyudi, 2009:122). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan dan mengungkapkan fakta yang ada kemudian dijelaskan secara deksriptif dengan kata-kata atau uraian. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) model kepemimpinan yang di miliki oleh pimpinan pondok pesantren Baiturrahman ada dua tipe, yaitu tipe demokratis dan tipe otoriter tergantung kepada siapa beliau bersikap. Beliau akan bersikap demokratis apabila tenaga pendidik mampu menaati setiap peraturan yang berlaku, namun beliau akan bersikap otoriter apabila tenaga pendidik tidak menaati setiap aturan yang berlaku. (2) kondisi kinerja tenaga pendidik di pondok pesantren Baiturrahman, bisa dikatakan baik karena tenaga pendidik mampu menaati setiap aturan yang ada, seperti mengikuti briefing 15 menit sebelum masuk sekolah, mengikuti program-program yang telah direncanakan, dan lain-lain. (3) upaya yang dilakukan oleh pimpinan pondok pesantren Baiturrahman dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik yaitu dengan cara memberikan nilai-nilai spiritual seperti selalu melibatkan Allah di dalam setiap urusan sehari-hari, selain itu juga pelatihan-pelatihan khusus selalu beliau agendakan untuk diikuti oleh tenaga pendidik, seperti in house training. (4) faktor penghambat yaitu apabila tenaga pendidik tidak melaksanakan prinsip sederhana yang telah direncanakan oleh pimpinan, dan faktor pendukung yaitu prinsip sederhana yang telah dibuat oleh pimpinan, prinsip tersebut ialah 7U dan 5K. Disarankan untuk terus mempertahankan sikap demokratis yang dimiliki oleh pimpinan pondok pesantren Baiturrahman agar kinerja tenaga pendidik semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Demokratis; Pondok Pesantren; Tenaga Pendidik
Subjects: Applied Psychology > Leadership
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Firna Try Chintia
Date Deposited: 02 Oct 2019 06:56
Last Modified: 02 Oct 2019 06:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24686

Actions (login required)

View Item View Item