Penapisan Bakteri dan Uji Aktivitas Enzim Terhadap Isolat Bakteri Pada Akar Bakau (Rhizophora sp.) dari Labuhan Maringgai Lampung Timur

Hidayat, Naila (2019) Penapisan Bakteri dan Uji Aktivitas Enzim Terhadap Isolat Bakteri Pada Akar Bakau (Rhizophora sp.) dari Labuhan Maringgai Lampung Timur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_dapus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy

Abstract

Ekosistem mangrove menyediakan lingkungan yang kompleks dengan adanya interaksi antara tanaman, hewan dan mikroorganisme sehingga dapat berperan sebagai salah satu sumber potensial bakteri penghasil enzim diantaranya protease, fosfatase, katalase dan gelatinase. Mikroorganisme yang tumbuh tersebut memerlukan suatu media sebagai tempat pertumbuhannya, beberapa jenis bakteri dapat hidup baik pada media yang sangat sederhana namun yang terpenting media harus mengandung nutrisi untuk memenuhi kebutuhan dasar sebagai makhluk hidup. Enzim ekstraseluler yang diproduksi oleh mikroba dari tumbuhan mangrove digunakan untuk mengurai unsur hara yang kompleks menjadi sederhana sehingga dapat dialirkan masuk ke dalam sel sebagai sumber nutrisi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas enzim yang terdapat pada isolat murni hasil penapisan akar bakau dengan cara ditumbuhkan pada media Nutrient Agar (NA) dan Minimal Media dengan metode streak kuadran. Aktivitas enzim dianalisis secara kualitatif dengan hasil positif adanya protease pada bakteri yang ditumbuhkan di media dengan substat skim milk dengan terbentuknya zona bening di sekitar isolat, fosfatase pada media yang diperkaya posfat dengan terbentuknya zona bening (halo) di sekitar isolat sedangkan adanya katalase pada media yang telah ditambahkan hidrogen peroksida dengan adanya gelembung di sekitar isolat dan hasil positif adanya gelatinase dengan substrat gelatin ditunjukkan dengan semakin encernya media gelatin setelah didinginkan. Dari hasil penelitian pada minimal media terdapat 5 isolat yang memiliki aktivitas protease, 9 isolat dengan aktivitas fosfatase, 7 isolat dengan aktivitas katalase dan 10 isolat dengan aktivitas gelatinase sedangkan pada media NA terdapat 5 isolat dengan aktivitas protease, serta 10 isolat dengan aktivitas fosfatase, katalase, dan gelatinase.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Enzim; Fosfatase; Gelatinase; Katalase; Protease; Mangrove;
Subjects: Biochemistry > Enzymes
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: Naila Hidayat
Date Deposited: 01 Oct 2019 06:37
Last Modified: 01 Oct 2019 06:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24639

Actions (login required)

View Item View Item