Pengaruh metode pembelajaran poster comment terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pencemaran lingkungan: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas X SMAN 13 Kota Bekasi

Irene, Inge Rosafina (2019) Pengaruh metode pembelajaran poster comment terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pencemaran lingkungan: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas X SMAN 13 Kota Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy

Abstract

Metode pembelajaran Poster Comment digunakan untuk mengatasi permasalahan mendasar akan rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen. Penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2018/2019 dari April hingga Mei 2019. Sampel yang digunakan dua kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas ekperimen dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, tes kemampuan pemecahan masalah, dan angket. Penelitian ini diperoleh hasil keterlaksanaan pembelajaran penggunaan metode Poster Comment terlaksana dengan baik. Kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen meningkat dengan N-Gain 0,66 dan kelas kontrol 0,53. Hasil uji-t menunjukkan bahwa metode poster comment berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pencemaran lingkungan. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode poster comment diperoleh nilai rata-rata 3,85 dengan interpretasi tinggi. Hasil peningkatan dipengaruhi oleh kemampuan dasar siswa, kondisi siswa, faktor eksternal maupun faktor internal. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai informasi dasar untuk menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan oleh guru pada saat pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Poster Comment; Kemampuan pemecahan masalah; Pencemaran lingkungan;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Inge Rosafina Irene
Date Deposited: 01 Oct 2019 03:53
Last Modified: 01 Oct 2019 03:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24631

Actions (login required)

View Item View Item