Pengaruh model pembelajaran Classwide Peer Tutoring terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan: Penelitian quasi eksperimen pada Siswa Kelas X SMAN 1 Cileunyi

Fadilah, Siti Rohmah (2019) Pengaruh model pembelajaran Classwide Peer Tutoring terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan: Penelitian quasi eksperimen pada Siswa Kelas X SMAN 1 Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran abad 21 mengharuskan siswa memiliki karakter pembelajaran salah satunya berpikir kritis. Ditemukan permasalahan di tempat penelitian, yaitu kurangnya keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Classwide Peer Tutoring (CPT) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian menggunakan Quasy Eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan lembar observasi aktivitas siswa dan guru, soal uraian keterampilan berpikir kritis, dan angket. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji effect size, serta uji N-gain. Data diperoleh dari 12 soal uraian pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru 89.12% dan aktivitas siswa 97.22% dengan kategori sangat baik. Respon siswa 63.30% dengan kategori sedang. Keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran Classwide Peer Tutoring (CPT) rata-rata pretest 2.25, posttest 3.43 dan n-gain 0.69 dengan kategori tinggi. Sedangkan keterampilan berpikir kritis siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Classwide Peer Tutoring (CPT) rata-rata pretest 52.21, posttest 2.74 dan n-gain 0.29 dengan kategori rendah. Model pembelajaran Classwide Peer Tutoring (CPT) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan berpengaruh positif ditunjukkan dengan thitung > ttabel, yaitu 6.61 > 2.03. Besarnya pengaruh diukur menggunakan effect size, yaitu 0.83 dengan kategori besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis Siswa; Model Pembelajaran Classwide Peer Tutoring (CPT); Pencemaran Lingkungan
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: siti Rohmah fadilah
Date Deposited: 01 Oct 2019 03:53
Last Modified: 01 Oct 2019 03:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24627

Actions (login required)

View Item View Item