Efektivitas peraturan Bupati Subang nomor 49 tahun 2015 tentang implementasi e-government di lingkungan Pemerintah Kabupaten Subang

Khoerunnisa, Khoerunnisa (2019) Efektivitas peraturan Bupati Subang nomor 49 tahun 2015 tentang implementasi e-government di lingkungan Pemerintah Kabupaten Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy

Abstract

E-Governemnt merupakan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk menunjang kegiatan pemerintahaan. Dalam konteks ini, keberadaan E-Governemnt diperlukan untuk memenuhi tuntutan masyarakat agar tercipta kepemerintahaan yang bersih, transparan dan mampu menjawab tuntutan masyarakat secara cepat, tepat, efektif, dan efisien. Pengembangan E-Governemnt di Kabupaten Subang merupakan implemantasi dari Peraturan Bupati Subang Nomor 49 Tahun 2015 Tentang Implementasi E-Governemnt di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Subang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai penyelenggaraan E-Governemnt di lingkungan Pemerintah Kabupaten Subang yang masih belum efektif khususnya mengenai pemeliharaan pada website dan aplikasi yang dimilki Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas Peraturan Bupati Subang Nomor 49 Tahun 2015 Tentang Implemantasi E-Governemnt di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Subang. Penelitian ini mengacu pada teori efektivitas yang dikemukan oleh Duncann yang dikutip dari Richard M. Steers. Menurut Duncan terdapat tiga tolak ukur yang mempengaruhi efektivitas, yaitu, pencapaian tujuan, integrasi, adaptasi. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hal ini dilakukan dengan cara pengumpulan data pimer dengan cara wawancara, dokumentasi serta pengumpulan data dengan kepustakaan yaitu beberapa referensi buku yang berkaitan dengan tema penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa efektivitas kebijakan Peraturan Bupati Subang Nomor 49 Tahun 2015 Tentang Implementasi E-Governemnt di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Subang penyelenggaraannya telah kurang efektif di Dinas Komunikasi dan Informatika dan kurang efektif juga di sebagian OPD di Kabupaten Subang. Hal tersebut terbukti dengan terpenuhinya indikator efektivitas. Saat ini penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Subang menjadi lebih efektif, efisien, lebih transparan dan akuntabel karena adanya kebijakan E-Government. Tetapi masih menemui hambatan karena faktor penghambat seperti sumber daya manusia dan perubahan paradigma.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas peraturan Bupati Subang; e-government;
Subjects: Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: khoerun nisa kh
Date Deposited: 08 Oct 2019 07:20
Last Modified: 08 Oct 2019 07:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24612

Actions (login required)

View Item View Item