Pengaruh sewa pembiayaan dan aset tak berwujud terhadap total aset pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT.Astra Graphia Tbk.Periode 2009-2018

Kamilah, Nury (2019) Pengaruh sewa pembiayaan dan aset tak berwujud terhadap total aset pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT.Astra Graphia Tbk.Periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy

Abstract

Aset merupakan bagian penting dari sebuah perusahaan, yang harus dikelola dengan baik untuk mendapatkan manfaat bagi perusahaan, sekaligus mendorong tercapainya tujuan perusahaan. Sewa pembiayaan dan aset tak berwujud yang besar mencerminkan bahwa keseluruhan aset yang dimiliki besar pula. Permasalahan muncul ketika sewa pembiayaan dan aset tak berwujud yang diperoleh tinggi, tetapi total aset yang dihasilkan justru rendah ataupun sebaliknya, seperti terjadi di PT. Astra Graphia Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sewa pembiayaan secara parsial terhadap total aset PT. Astra Graphia Tbk., untuk mengetahui pengaruh aset tak berwujud secara parsial terhadap total aset PT. Astra Graphia Tbk., dan untuk mengetahui pengaruh sewa pembiayaan dan aset tak berwujud secara simultan terhadap total aset PT. Astra Graphia Tbk. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori yang menyatakan bahwa semakin tinggi sewa pembiayaan dan aset tak berwujud, maka semakin tinggi pula pengaruhnya terhadap total aset yang dimiliki. Adapun variabel-variabel yang digunakan adalah sewa pembiayaan dan aset tak berwujud sebagai variabel independen dan total aset sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan PT. Astra Graphia Tbk.periode 2009-2018 yang berasal dari halaman website yang disediakan oleh Astra Graphia. Melalui penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Perhitungan uji t menunjukkan bahwa sewa pembiayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap total aset secara parsial dengan koefisien determinasi sebesar 13,6% di PT. Astra Graphia Tbk.Periode 2009-2018. 2) Perhitungan uji t menunjukkan bahwa asset tak berwujud berpengaruh signifikan terhadap total aset secara parsial dengan koefisien determinasi sebesar 734% di PT. Astra Graphia Tbk. Periode 2009-2018. 3) Perhitungan uji F menunjukkan bahwa sewa pembiayaan dan aset tak berwujud tidak berpengaruh signifikan terhadap total aset secara simultan dengan koefisien determinasi sebesar 0,768% di PT. Astra Graphia Tbk. Periode 2009-2018.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sewa Pembiayaan; Aset Tak Berwujud; Total Aset;
Subjects: General Management > Philosophy and Theory of Management
General Management > Planning and Strategic Management
General Management > Marketing, Management of Distribution
General Management > Sales Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Nury Kamilah
Date Deposited: 03 Oct 2019 03:13
Last Modified: 03 Oct 2019 03:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24564

Actions (login required)

View Item View Item