Penerapan pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan sabun cair dari minyak nabati untuk mengembangkan kreativitas siswa

Jumiati, Jumiati (2019) Penerapan pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan sabun cair dari minyak nabati untuk mengembangkan kreativitas siswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy

Abstract

Kreativitas dapat dikembangkan melalui kegiatan belajar yaitu pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan sabun cair dari minyak nabati, menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja siswa berbasis proyek, dan mendeskripsikan kreativitas siswa pada pembuatan sabun cair melalui pembelajaran berbasis proyek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one shot case study terhadap kelas XI Kimia Industri 3 SMKN 7 Bandung yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan lembar observasi kreativitas. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa dalam pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan sabun cair adalah 90,05% dengan kategori sangat baik dan sesuai dengan tahapan pembelajaran berbasis proyek. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan LKS memperoleh nilai rata-rata 75 dengan ketercapaian baik. Kreativitas siswa berdasarkan lembar observasi kreativitas termasuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 81. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat mengembangkan kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis proyek; sabun cair; kreativitas; koloid; minyak nabati;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Jumiyati Jumiyati
Date Deposited: 02 Oct 2019 08:52
Last Modified: 02 Oct 2019 08:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24561

Actions (login required)

View Item View Item