Bentuk munasabah surat-surat Juz Amma dalam tafsir Fi Dhilalil Quran karya Sayyid Quthb

Mulyati, Siti (2019) Bentuk munasabah surat-surat Juz Amma dalam tafsir Fi Dhilalil Quran karya Sayyid Quthb. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy

Abstract

Ulumul Quran merupakan salah satu ilmu yang dibutuhkan untuk memahami Alquran. Para ulama telah banyak yang mencurahkan perhatiannya untuk mengkaji hubungan antara ayat dan surat dalam Alquran. Perhatian tersebut mendorong lahirnya disiplin ilmu baru dalam dalam Ulumul Quran yaitu ilmu munāsabah bain ayat Alquran wa suwarihi (ilmu tentang keserasian antara ayat dan surat Alquran). Pembicaraan munāsabah ini berkisar pada hubungan antar kalimat, antar ayat, dan antar surat dalam Alquran. Oleh karena itu, pengetahuan mengenai munāsabah ini menjadi penting untuk diperhatikan dalam menafsirkan ayat Alquran. Sayyid Quthb merupakan mufasir kontemporer pada abad 20-an, dengan karya besarnya dikenal banyak orang yaitu Tafsir Fi Dhilalil Quran yang menggunakan munāsabah. Adapun pokok permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana bentuk munāsabah surat-surat Juz ‘Amma dalam tafsir Fi Dhilalil Quran karya Sayyid Quthb. Baik mengenai munāsabah antar ayat ataupun munāsabah antar surat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk munāsabah yang digunakan Sayyid Quthb dalam menafsirkan Alquran. Yang nantinya diharapkan pembaca bisa mengetahui bentuk munāsabah pada Juz’Amma dalam tafsir Fi Dhilalil Quran. Penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan jenis penelitian studi pustaka (library research), menggunakan metode analisis kualitatif dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber. Berdasarkan data yang digunakan penelitian ini, maka sumber datanya terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Dari sumber data primer ialah Karya Sayyid Quthb yaitu tafsir Fi Dhilalil Quran. Sedangkan data sekunder yang digunakan ialah, skripsi, jurnal, tesis, dan sumber-sumber lain yang memiliki kesesuaian dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini, penulis menemukan bahwa Sayyid Quthb dalam menafsirkan Alquran menggunakan analisis bentuk munāsabah Alquran dengan konsep kesatuan tema dalam surah dan Alquran secara keseluruhan. Dan menjadikan mihwar sebagai tema sentral al-Quran secara keseluruhan. Bentuk ini dipaparkan secara detail dalam pola munāsabah antar surah yaitu Munāsabah antara satu surat dengan surat lainnya, Munāsabah antar fasilah (penutup) ayat dengan isi ayat, Munāsabah penutup surat terdahulu dengan awal surat berikutnya, Munāsabah antar nama surat dengan isi surat yang dikandungnya, Munāsabah antar surat dengan surat sebelum dan sesudahnya. selain itu, Sayyid Quthb juga menggunakan bentuk munasabah antar ayat. Munasabah antar ayat ada dua yaitu zhahir al- irtibath (hubungan yang jelas) dan khafiy al-Irtibath (hubungan yang samar). Penulis menemukan 30 pola tafsir, 8 pola tasydid,dan 2 pola ta’kid pada bentuk zhahir al-irtibath, sedangkan pada bentuk khafiyy al-irtibath ditemukan 1 pola ma’tufah, 7 pola mudaddah, 4 pola takhallus dan 1 pola tamkin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Juz Amma; munasabah; Fi Dhilalil Quran; Sayyid Quthb;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: siti mulyati
Date Deposited: 30 Sep 2019 03:02
Last Modified: 30 Sep 2019 03:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24495

Actions (login required)

View Item View Item