Model pembelajaran berbasis POE (Predict, Observe, Explain) menggunakan e-module visualisasi proses kesetimbangan kimia untuk meningkatkan kemampuan representasi mahasiswa

Sholeha, Annisa Nurbaeti (2019) Model pembelajaran berbasis POE (Predict, Observe, Explain) menggunakan e-module visualisasi proses kesetimbangan kimia untuk meningkatkan kemampuan representasi mahasiswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran digunakan sebagai salah satu alternatif untuk dapat meningkatkan kemampuan representasi mahasiswa. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran berbasis POE menggunakan e-module visualisasi proses kesetimbangan kimia untuk meningkatkan kemampuan representasi. Metode dan desain penelitian yang digunakan adalah pre-experiment, one-group pretest-posttest design dengan subjek penelitian berjumlah 34 mahasiswa Pendidikan Kimia semester IV. Data diperoleh melalui deskripsi aktivitas belajar mahasiswa, kemampuan menyelesaikan lembar kerja berbasis model pembelajaran POE serta peningkatan kemampuan representasi. Hasil keterlaksanaan aktivitas belajar mahasiswa adalah 97% dengan kategori sangat baik, kemampuan menyelesaikan lembar kerja sebesar 85 dengan kategori sangat baik, serta nilai n-gain kemampuan representasi adalah 0,58 dengan kategori peningkatan sedang. Model pembelajaran POE berbantuan e-module yang digunakan dapat mengaktifkan proses pembelajaran dalam memahami konsep kesetimbangan kimia berdasarkan representasi kimia. Dengan demikian, model pembelajaran berbasis POE menggunakan e-module visualisasi proses kesetimbangan kimia dapat meningkatkan kemampuan representasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: E-module; kemampuan representasi; kesetimbangan kimia; model pembelajaran POE;
Subjects: Education, Research
Education
Chemistry and Allied Science > General Publications of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Annisa Nurbaeti Sholeha
Date Deposited: 03 Oct 2019 03:00
Last Modified: 03 Oct 2019 03:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24463

Actions (login required)

View Item View Item