Penerapan pendekatan realistic mathematic education untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran matematika: Penelitian tindakan kelas pada pokok bahasan bangun datar di Kelas V MIS Hegarmanah Kabupaten Ciamis

Yulianti, Rani (2017) Penerapan pendekatan realistic mathematic education untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran matematika: Penelitian tindakan kelas pada pokok bahasan bangun datar di Kelas V MIS Hegarmanah Kabupaten Ciamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar 8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan pada mata pelajaran matematika di kelas V MIS Hegarmanah kabupaten Ciamis bahwa dalam mata pelajaran Matematika belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Bila dipersentasekan nilai rata-rata yang diperoleh seluruh siswa sekitar 62% belum mencapai nilai KKM. Hal ini terjadi karena keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang serta hanya mendapatkan informasi sesuai dengan yang telah disampaikan oleh guru (teacher center). Siswa merasa kegiatan pembelajaran yang dilakukan tidak ada erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari, sehingga siswa merasa pembelajaran yang dilakukan tidak bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education di kelas V MIS Hegarmanah. Penelitian ini didasarkan pada kajian teoritis yang menyatakan bahwa pendekatan Realistic Mathematik Education dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, sehingga penulis mengajukan hipotesis bahwa pendekatan Realistic Mathematik Education dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran matematika. Terdapat 4 tindakan pokok dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematik Education, yaitu: pemhaman kontekstual, penyelesaian masalah kontekstual, membandingkan dan mendiskusikan jawaban serta penarikan kesimpulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas V MIS Hegarmanah yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan LKS. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ketika Pendekatan Realistic Mathematic Education diterapkan, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Siswa yang mulanya kurang aktif dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan. Dari hasil observasi yang dilakukan aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I hingga siklus II. Persentase yang diperoleh yaitu siklus I tindakan pertama sebesar 70%, tindakan kedua 80%, siklus II tindakan pertama 90% dan tindakan kedua 100%. Maka rata-rata aktivitas belajar siswa yang diperoleh pada siklus I sebesar 75% dan siklus II sebesar 95%. Selain itu, hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education juga mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa dari pra siklus, siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yaitu nilai ketuntasan belajar siswa dari pra siklus sebesar 34,61%, siklus I sebesar 61,54% dan siklus II sebesar 92,30%. Selain itu hasil rata-rata persentase lembar observasi keaktifan belajar matematika siswa untuk tiap siklus, yaitu pada siklus I sebesar 75% dan siklus II sebesar 90%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Matematika; Pendekatan realistic mathematic education; Koognitif;
Subjects: Education
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 26 Sep 2019 05:57
Last Modified: 26 Sep 2019 05:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24449

Actions (login required)

View Item View Item