Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fikih pokok bahasan haji antara yang menggunakan media Pop-Up Book dan media gambar: Quasi eksperimen di kelas V MI Al-Misbah Cipadung Bandung

Fitri, Nur Al (2019) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fikih pokok bahasan haji antara yang menggunakan media Pop-Up Book dan media gambar: Quasi eksperimen di kelas V MI Al-Misbah Cipadung Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab I.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_dapus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertolak pada permasalahan yang terjadi di kelas V MI Al-Misbah Cipadung Bandung, yakni rendahnya hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran fikih pokok bahasan haji. Hal tersebut terlihat dari nilai-nilai siswa pada mata pelajaran fikih masih belum mencapai kriteria baik. Hal tersebut diduga karena guru masih terus menggunakan media yang kurang menarik perhatian siswa, sehingga berpengaruh pada hasil belajar kognitifnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan media gambar (media konfensional) di kelas kontrol 2) Hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan media Pop-Up Book di kelas eksperimen 3) Perbedaan hasil belajar kognitif antara kelas yang menggunakan media Pop-Up Book dengan kelas yang menggunakan media gambar. Penelitian ini berasumsi pada pemikiran bahwa hasil belajar siswa di pengaruhi oleh ketepatan seorang guru dalam memilih media pembelajaran yang digunakan. Berdasarkan asumsi tersebut, media yang akan digunakan pada penelitian ini yaitu media Pop-Up Book, yang dapat di jadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran fikih serta dilihat pengaruhnya terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, dengan sampel masing-masing berjumlah 25 baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Adapun pengumpulan data menggunakan tes tulis berupa pilihan ganda dan uraian untuk pretest dan posttest sebanyak 24 butir soal. Sedangkan teknik analisis data hasil penelitian menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dari Man Whitney yang dalam penerapannya terlebih dahulu melakukan uji normalitas dan homogenitas data. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan media gambar dengan media Pop-Up Book pada mata pelajaran fikih pokok bahasan haji. Dengan menggunakan uji statistik non parametrik yaitu Uji Man whitney diketahui bahwa nilai Zhitung sebesar 3,50 dan Z tabel sebesar 0, 4998maka Zhitung > Ztabel. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada penerapan media Pop-Up Book terhadap hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran Fikih pokok bahasan haji pada kelas V MI Al-Misbah Cipadung Bandung. ENGLISH This research is based on the problems that occur in the fifth grade of MI Al-Misbah Cipadung Bandung. the low results of students' cognitive learning on the subject of fiqh the on the Hajj core section. It can be seen from the scores of students in fiqh subjects that they are not be able to reach good criteria. This is presumably because the teacher still continues to use media that does not attract the attention of students, thus influencing the cognitive learning outcomes. The purposes of this study is to find out: 1) Cognitive learning outcomes of students using image media (conventional media) in the control class; 2) Cognitive learning outcomes of students using Pop-Up Book media in experimental classes 3); The Differences in cognitive learning outcomes between classes use Pop-Up Book media with classes that use picture media. This research assumes on the idea that student learning outcomes are influenced by the accuracy of a teacher in choosing the learning media used. Based on these assumptions, the media that will be used in this research is the Pop-Up Book media, which can be used as an alternative in fiqh learning and its influence on students' cognitive learning outcomes. This research uses a quasi-experimental method, with a sample of 25 each in the experimental class and the control class. The data collection uses written tests in the form of multiple choices and descriptions for the pretest and posttest as many as 24 items. While the data analysis technique of the research results using the two average difference test from Man Whitney which in its implementation first tests the normality and homogeneity of data. The results shows that there are significant differences between the cognitive learning outcomes of students who used picture media and the Pop-Up Book media on fiqh subjects on the subject of Hajj. By using the non parametric statistical test, namely the Man Whitney Test, it is known that the calculated score is 3.50 and the Ztable is 0, 4998, then ZCount> Ztable. Thus, it can be concluded that there are significant differences in the application of Pop-Up Book media to the cognitive learning outcomes of students’subjects on the Hajj section in class V of MI Al-Misbah Cipadung Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pop-Up Book; Hasil Belajar Kognitif;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: nur alfitri
Date Deposited: 26 Sep 2019 04:58
Last Modified: 26 Sep 2019 04:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24395

Actions (login required)

View Item View Item