Metode takrir dalam menghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren Nurul Iman: Studi pembelajaran Al-Qur'an di Pondok Pesantren Nurul Iman Sirnagalih Indihiang Tasikmalaya

Purnama, Asep (2019) Metode takrir dalam menghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren Nurul Iman: Studi pembelajaran Al-Qur'an di Pondok Pesantren Nurul Iman Sirnagalih Indihiang Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana penerapan metode takrir dalam menghafal Alquran. Dalam penyusunan penelitian ini metode yang digunakan adalah metode studi Field Research. Perolehan data menggunakan observasi dan wawancara yaitu mencoba mendeskripsikan para santri putra dan putri Pondok Pesantren Nurul Iman Indihiang Tasikmalaya dalam pembelajaran Alquran yang pada penelitian ini dikhususkan pada menghafal Alquran dengan metode takrir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan studi Field Research yang mana langsung datang ke tempat objek penelitian, yaitu Pondok Pesantren Nurul Iman Indihiang Tasikmalaya, Bertujuan untuk menganalisis penerapan metode takrir dalam menghafal Alquran tersebut, sehingga mendapatkan kesimpulan. Sumber yang digunakan dari data primer yaitu wawancara dengan Pimpinan Pondok Pesantren, Alumni. serta data sekunder yaitu sumber pendukung seperti buku-buku ilmiah, jurnal serta karya tulis ilmiah lainnya yang berkaitan dengan metode pembelajaran Alquran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode takrir dalam menghafal Alquran digunakan di Pondok Pesantren Nurul Iman Indihiang Tasikmalaya. Cara menghafalnya yaitu dengan Mentasmikan (menyetorkan) hafalan atau mengulang kembali hafalan (takrir) dengan dibimbing langsung oleh ustadz, yang mana setiap ustadz membimbing 2 orang santri dengan menargetkan setiap hari hafal 2 halaman. Setiap empat puluh hari sekali pada Malam Jum’at kliwon di Pesantren ini diadakan sima’an tiga puluh juz Alquran dengan tujuan mengetahui kemampuan hafalan secara keseluruhan. Pada awal sima’an dipimpin oleh ustadz kemudian bergantian kepada santri untuk meneruskannya sampai dengan selesai. Dan ketika santri sedang memimpin sima’an ustadz menilai dan menyimak hafalan santri tersebut dengan maksimal 3 kali kesalahan untuk syarat dinyatakan lulus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Menghafal Alquran; takrir; sima’an;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Sejarah Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Asep Purnama
Date Deposited: 25 Sep 2019 05:46
Last Modified: 25 Sep 2019 05:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24359

Actions (login required)

View Item View Item