Internalisasi nilai-nilai islami dalam perubahan akhlak peserta didik pada pembelajaran aqidah akhlak melalui model role playing

Dudun, Najmudin (2019) Internalisasi nilai-nilai islami dalam perubahan akhlak peserta didik pada pembelajaran aqidah akhlak melalui model role playing. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan ditemukan bahwa model pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik yang mengampu mata pelajaran aqidah akhlak belum memberikan dampak signifikan terhadap internalisasi nilai-nilai islami dalam perubahan akhlak peserta didik, oleh karenanya dipandang perlu diterapkannya salah satu model pembelajaran yang baru dan model tersebut dipandang mampu menginternalisaskan nilai-nilai islami dalam perubahan akhlak peserta didik sehingga akhlak peserta didik ada perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) Implementasi model role playing pada pembelajaran aqidah akhlak 2) Hasil intenalisasi nilai-nilai Islami dalam perubahan akhlak peserta didik pada pembelajaran aqidah akhlak melalui penerapan model role playing. 3) Perbedaan yang signifikan antara pembelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan model role playing, dibandingkan dengan metode konvensional terhadap penanamkan nilai-nilai islami dalam perubahan akhlak peserta didik. Berdasarkan landasan filosofi Pendidikan, penerapan model role playing harus bersifat outentik, inovatif dan inspiratif. Melalui penerapan model role playing peserta didik akan memiliki kemampuan yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlukan untuk dapat melaksanakan tugas pecapaian belajarnya. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan observasi, angket, tes, studi kepustakaan dan dokumentasi. Sedangkan analisis data digunakan yaitu uji statistik. Penelitian ini dapat menemukan bahwa 1) Kondisi penerapan model pembelejaran Role Playing pada pembelajaran Aqidah Akhlak pada peserta didik diperoleh rata-ratanya secara keseluruhan yaitu 4.68, angka ini menunjukkan kualifikasi sangat tinggi karena berada pada interval 4,5 - 5,0. 2) Kondisi awal hasil internalisasi nilai-nilai islami dalam perubahan akhlak peserta didik pada pembelajaran Aqidah Akhlak kelompok eksperimen termasuk dalam kategori kurang (1.33). Kondisi akhir hasil internalisasi nilai-nilai islami dalam perubahan akhlak peserta didik pada pembelajaran Aqidah Akhlak kelompok eksperimen termasuk kategori baik (2.73). Sedangkan kondisi awal hasil internalisasi nilai-nilai islami dalam perubahan akhlak peserta didik pada pembelajaran Aqidah Akhlak kelompok kontrol termasuk dalam kategorisasi kurang (1.73). Adapun kondisi akhir hasil internalisasi nilai-nilai islami dalam mengembagkan akhlak peserta didik pada pembelajaran Aqidah Akhlak kelompok kontrol termasuk dalam kategorisasi cukup (2.33) Perbedaan peningkatan Internaliasasi nilai-nilai islami dalam perubahan akhlak peserta didik pada pembelajaran Aqidah Akhlak kelompok eksperimen termasuk pada kategorisasi cukup tinggi (1.40). Sedangkan perbedaan peningkatan internaliasasi nilai-nilai islami dalam perubahan akhlak peserta didik pada pembelajaran Aqidah Akhlak pada kelompok kontrol termasuk pada kategorisasi sedang sebesar 0.60.”

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi nilai-nilai islami;pembelajaran aqidah akhlak;role playing
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Asbabun Nuzul
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Al-Hadits dan yang Berkaitan > Kumpulan Hadits Lainnya
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dudun Najmudin
Date Deposited: 24 Sep 2019 03:00
Last Modified: 13 Jan 2022 06:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24226

Actions (login required)

View Item View Item