Pengembangan destinasi wisata halal (Halal Tourism) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: studi deskriptif destinasi wisata halal, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB

Rahmatulloh, Muh Salim (2019) Pengembangan destinasi wisata halal (Halal Tourism) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: studi deskriptif destinasi wisata halal, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy

Abstract

Pulau Lombok memiliki potensi besar dari berbagai aspek kehidupan, pulau Lombok masih membutuhkan perhatian penuh dari pihak pemerintah maupun swasta agar di harapkan mampu memngelola keindahan alam yang memiliki potensi besar untuk dikembangkannya menjadi satu pusat peradaban perubahan ekonomi kemasyarakatan untuk mencapai tingkan kesejahteraan yang di harapkan. Kehadiran suatu industri atau penerapan program pemberdayaan melalui Pengembangan Wisata Halal di suatu kawasan teknogi dengan muatan-muatan ekonominya, sehingga terbentuknya atau meningkatnya kesejahteraan masyarakat sesuai dengan berjalannya pengembangan Destinasi Wisata Halal tersebut. Melalui penelitian ini penulis memiliki fokus penelitian antaranya ialah: mengetahui upaya pemerintah melalui pengembangan destinasi Wisata Halal dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, agar mengetahui faktor pendukung dan penghambat program pengembangan destinasi Wisata Halal dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan untuk mengetahui peningkatan kesejahteraan masyarakat setelah adanya program pengembangan destinasi Wisata Halal. Berdasarkan rumusan masalah di atas maka ada dua teori yang di gunakan dalam penelitian ini. Pertama taori “Pengembangan” dan teori “Peningkatan”, jadi pada dasarnya segala sesuatu yang akan di bangun itu harus memberikan dampak kepada masyarakat yang berada di daerah tersebut, sehingga melalui pengembangan Wisata Halal ini di harapkan agar bisa mengubah masyarakat dalam keadaan yang kurang sejahtera menjadi sejahtera dalam hal ini peningkatan kesejahteraan masyarakat terus membaik. Karena itu diperlukan perhatian dari pihak pemerintah dan yang memiliki wewenang dalam pembangunan Wisata Halal tersebut. Berkaitan dengan pengembangan Destinasi Wisata Halal yang dikembangkan oleh pemerintah, studi ini mendeskripsikan hal-hal yang menjelaskan tentang bagaimana upaya pemerintah dalam pengembangan Destinasi Wisata Halal yang ada di KEK The Mandalika Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan data kualitatif. Data diperoleh dari wawancara dan studi dokumentasi. Hal ini sesuai dengan konseptualisasi sistem pariwisata. Ada tiga bidang utama yang dikembangkan agar mampu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lombok. Pertama di bidang Pengembangan Sumber Daya Alam (SDA), kedua di bidang Pengembangan Sumber daya Manusia (SDM), ketiga di bidang Pengembangan Sumber Daya Ekonomi (SDE).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Wisata Halal; Peningkatan; Kesejahteraan
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Welfare
Household Management and Personal Life
Household Management and Personal Life > General Publications of Home Economic
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Salim Rahmatulloh Ali
Date Deposited: 25 Sep 2019 02:55
Last Modified: 25 Sep 2019 02:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24125

Actions (login required)

View Item View Item