pengaruh Earning Per Share (EPS), Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) terhadap Harga Saham: Studi Kasus Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017

Nurmalasari, Ika (2019) pengaruh Earning Per Share (EPS), Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) terhadap Harga Saham: Studi Kasus Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (568kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy

Abstract

Berinvestasi pada umumnya tentu mengharapkan return yang maksimal dengan risiko yang minimal. Dengan demikian para investor memerlukan pertimbangan sehingga memerlukan informasi-informasi yang relevan dan memadai dengan menganalisis laporan keuangan, menggunakan rasio profitabilitas diantaranya yaitu Earning Per Share (EPS), Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Earning Per Share (EPS), Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) Terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017). Harga saham adalah harga suatu saham pada pasar yang sedang berlangsung di bursa efek. Earning Per Share menggambarkan jumlah laba bersih setelah pajak pada satu buku yang dihasilkan untuk setiap lembar saham. Return On Asset merupakan seberapa efektif perusahaan menggunakan asset untuk mendapatkan keuntungan. Sedangkan Return On Equity mengukur besarnya pengembalian terhadap investasi para pemegang sham. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui, www.idx.co.id dan www.yahoo.finace.com. Adapun variabel independen yang digunakan yaitu Earning Per Share (EPS), Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE), dan variabel dependen yaitu Harga Saham. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Data Panel pemilihan model antara Fixed Effect, Model Random Effect dan Common Effect dengan menggunakan Uji Chow dan Uji Hausman. Adapun uji hipotesis yakni uji t, uji f dan uji Koefisien Determinasi (R2). Analisis data dilakukan dengan bantuan software eviews 10. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa secara parsial Earning Per Share (EPS), Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) tidak berpengaruh positif terhadap Harga Saham. Sedangkan secara simultan Earning Per Share (EPS), Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap Harga Saham. Kemudian hasil uji koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan model fixed effect memperoleh nilai R-squared sebesar 0.958405 atau 95,8% artinya bahwa variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen. Sedangkan sisanya sebesar 4,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dan dapat disimpulkan bahwa tingkat hubungan antar variabel dikatakan sangat kuat yakni berada pada interval (90 % – 100 %). Kata Kunci: Harga Saham, Earning Per Share (EPS), Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Harga Saham;Earning Per Share (EPS);Return On Asset (ROA); dan Return On Equity (ROE);
Subjects: General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ika Nurmalasari
Date Deposited: 20 Sep 2019 08:02
Last Modified: 20 Sep 2019 08:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24116

Actions (login required)

View Item View Item