Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja dan Senioritas terhadap Promosi Jabatan: Studi pada Pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Barat

Kustiawan, Muhammad Zaenal (2019) Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja dan Senioritas terhadap Promosi Jabatan: Studi pada Pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (917kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya dugaan masalah yang terdapat pada kegiatan promosi jabatan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Barat, dimana kegiatan promosi jabatan tersebut mempengaruhi jumlah pejabat yang menempati posisi jabatan struktural di dinas pada tahun 2018. Dimana pegawai yang masa kerjanya tergolong baru banyak yang menempati posisi jabatan struktural dari pada pegawai yang masa kerjanya tergolong lebih lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel penilaian prestasi kerja, senioritas, promosi jabatan terdapat pengaruh pada pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Barat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori Penilaian Prestasi Kerja (X1) dari Hasibuan (2009) dengan dimensi Kesetian, Prestasi Kerja, Kejujuran, Kedisiplinan, Kerjasama, dan Tanggung Jawab. Teori Senioritas (X2) dari Wahyudi (2002) dengan dimensi Senior dari segi Usia, Senior dari segi Wewenang, dan Senior dari segi Masa Kerja. Dan teori Promosi Jabatan (Y) dari Hasibuan (2009) dengan dimensi Disiplin, Prestasi Kerja, Kerjasama, Loyalitas, Kepemimpinan, dan Pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif. Data yang dikumpulkan melalui penyebaran angket dengan teknik pengambilan sampel probability sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pegawai dinas yang berjumlah 130 orang. Dengan rumus Slovin menghasilkan sampel sebanyak 56 orang. Variabel bebas (Variable Independent) yakni Penilaian Prestasi Kerja dan Senioritas serta variabel terikat (Variable Dependent) yakni Promosi Jabatan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis meliputi uji t, uji F, dan uji determinasi dengan menggunakan program statistik perangkat lunak SPSS Versi 23. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa Penilaian Prestasi Kerja (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Promosi Jabatan (Y). Senioritas (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Promosi Jabatan (Y). Serta Penilaian Prestasi Kerja (X1) dan Senioritas (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Promosi Jabatan (Y). Variabel bebas penelitian ini mempunyai tingkat kepengaruhan terhadap varibel terikat sebesar 57.5% dengan katagori tingkat hubungan “tinggi” sedangkan sisanya 42.5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Prestasi Kerja;Senioritas;Promosi Jabatan
Subjects: General Management
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Muhammad Zaenal
Date Deposited: 20 Sep 2019 08:11
Last Modified: 20 Sep 2019 08:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24108

Actions (login required)

View Item View Item