Kualitas pelayanan administrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Subang Tahun 2018

Nugraha, Pebrian (2019) Kualitas pelayanan administrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Subang Tahun 2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (569kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena maraknya keluhan-keluhan dari masyarakat terkait penyelenggaraan pelayanan publik yang tidak sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan, hal ini dilihat dari banyaknya prosedural yang berbelit-belit, pelayanan yang cenderung lambat, tempat melakukan pelayanan yang tidak nyaman, penerbitan dokumen yang melebihi batas waktu yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Administrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Subang Tahun 2018, Faktor Penghambat dalam Pelayanan Administrasi, dan Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Administrasi. Penelitian ini mengacu kepada teori Kualitas Pelayanan Menurut Zeithaml dkk (1990), bahwa penyelenggaraan pelayananan publik bisa dikatakan berkualitas apabila dilakukan berdasarkan adanya pelayanan yang Tangible (Berwujud), Reliability (Kehandalan), Responsiviness (Ketanggapan), Assurance (jaminan) dan Empathy (Empati). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan Administrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah terlaksana dengan baik, ditemukan adanya beberapa hambatan, diantaranya: adanya pekerjaan yang dikerjakan tidak sesuai dengan bidang keahliannya, kurangnya ketelitian dalam menginput data, adanya gangguan jaringan, keterbatasan blangko e-KTP, dan masyarakat yang tidak melengkapi semua persyaratan dalam proses pelayanan. hambatan dari internal maupun eksternal. Selain itu, pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Subang telah berupaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi berupa: menyelenggarakan diklat untuk melatih para pegawai agar lebih profesional dalam bekerja meskipun bukan ahli di bidangnya, fasilitas ruangan yang luas dan lebih tertata membuat masyarakat lebih nyaman dalam melakukan proses pelayanan, mempermudah masyarakat dari sisi jarak dan biaya transportasi melalui UPTD dalam membuat dokumen kependudukan, lebih menekankan pada kecermatan daripada kecepatan hal itu dilakukan untuk meminimalisir kesalahan input data, karena dokumen yang diterbitkan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil berlaku seumur hidup dan dokumen tersebut digunakan pengguna institusi lain dan bersikap tegas terhadap masyarakat yang tidak melengkapi persyaratan sesuai yang telah ditentukan, dan memberikan jaminan tepat waktu dengan memberikan resi pengambilan dengan waktu yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan; Administrasi;
Subjects: Public Administration
Public Administration > Research, Related Topics
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Pebrian Nugraha
Date Deposited: 17 Sep 2019 04:00
Last Modified: 17 Sep 2019 04:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23893

Actions (login required)

View Item View Item