Pengaruh implementasi kebijakan pajak Hotel terhadap efektivitas penerimaan pajak Hotel pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung

Hanura, Cica Riksa (2019) Pengaruh implementasi kebijakan pajak Hotel terhadap efektivitas penerimaan pajak Hotel pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena yang terjadi dalam penelitian awal implementasi kebijakan pajak hotel belum bisa mengatasi permasalahan mengenai pajak hotel. Hal ini terlihat dari target penerimaan pajak hotel yang belum mencapai 100% serta masih banyak wajib pajak yang menunggak membayar pajak hotel menandakan rendahnya kesadaran wajib pajak. Salah satunya wajib pajak pemilik indekos di Kota Bandung terdapat 1.900 indekos, namun dari angka tersebut baru sekitar 1.200 yang menjadi wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Implementasi Kebijakan Pajak Hotel (X) Terhadap Efektivitas Penerimaan Pajak Hotel (Y) pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung. Penelitian menggunakan teori Implementasi Kebijakan Van Metter dan Van Horn dalam Leo Agustino 2017 variabel independen (X) dimana teori berjumlah 6 dimensi yaitu ukuran dan tujuan kebijakan, sumberdaya, karakteristik agen pelaksana, sikap atau kecenderungan para pelaksana, komunikasi antarorganisasi atau aktivitas pelaksana serta lingkungan ekonomi, social dan politik. Dan teori Efektivitas Penerimaan Pajak Hotel dari Richard M Steers dalam variabel dependen (Y) dimana teori berjumlah 3 dimensi yaitu optimasi tujuan, perspektif sistem, dan tekanan pada perilaku. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dan studi lapangan dengan observasi serta kuesioner guna mendapatkan data yang dibutuhkan serta penyebaran angket kepada 33 responden. Pengujian statistik yang digunakan adalah dengan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, uji parsial, analisis linier sederhana dan koefisien determinasi. Berdasarkan pengolahan data angket didapatkan hasil mengenai realitas Implementasi Kebijakan Pajak Hotel mendapatkan skor 2461 terletak diantara rentang 2356,2 dan 2805 dalam kategori sangat tinggi yaitu rata-rata sebesar 87,7%. Realitas Efektifitas Penerimaan Pajak Hotel mendapatkan skor 832 yang terletak antara rentang 831,6 dan 990 dengan kategori sangat tinggi yaitu rata-rata sebesar 84%. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel implementasi kebijakan pajak hotel berpengaruh terhadap efektivitas penerimaan pajak hotel karena t hitung > t tabel (5,215>2,040) maka H0 ditolak dan H1 diterima, jika signifikansi < 0,05 (0,000< 0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima, dengan presentasi pengaruh variabel X (Implementasi kebijakan pajak hotel) terhadap variabel Y (efektivitas penerimaan pajak hotel) sebesar 46,7% sedangkan 53,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan; Efektivitas; Pajak Hotel;
Subjects: Public Finance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: cica Riksa Hanura
Date Deposited: 30 Sep 2019 04:10
Last Modified: 17 Apr 2023 02:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23875

Actions (login required)

View Item View Item